Jelang Pra-Kualifikasi FIBA Asia, Timnas Kalahkan Pelita Jaya

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Jelang Pra-Kualifikasi FIBA Asia, Timnas Kalahkan Pelita Jaya
Timnas Basket Indonesia berhasil mengalahkan klub Indonesian Basketball League (IBL), Pelita Jaya Basketball dengan skor 85-84 dalam laga uji coba yang berlangsung di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (20/11/2018). [Suara.com / Arief APRIADI]

Timnas Basket Indonesia berhasil mengalahkan klub Indonesian Basketball League (IBL), Pelita Jaya Basketball.

Suara.com - Timnas Basket Indonesia berhasil mengalahkan klub Indonesian Basketball League (IBL), Pelita Jaya Basketball dengan skor 85-84 dalam laga uji coba yang berlangsung di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (20/11/2018) malam WIB.

Laga uji coba tersebut merupakan rangkaian persiapan yang dijalani Timnas Basket Indonesia jelang menghadapi Pra-Kualifikasi Wilayah Timur FIBA Asia 2021 yang akan berlangsung pada 26 November hingga 1 Desember 2018 di Thailand.

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Gideon Roring pun mengaku puas dengan performa yang ditunjukkan anak asuhnya. Menurutnya para pemain sukses menerapkan instruksi yang diberikan.

"Saya rasa anak-anak gampang sekali saya atur, saya nggak dapat banyak masalah dengan mereka. attitude mereka, semangatnya mereka luar biasa dan saya sangat mudah mengaturnya," ujar Fictor Roring di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (20/11/2018).

Menurut Ito -sapaan akrab Fictor Roring- menghadapi tim seperti Pelita Jaya sangat bagus untuk persiapan Timnas Basket Indonesia, terutama untuk mendaptkan atmosfer pertandingan yang ketat.

Selain merupakan klub papan atas IBL, skuat Pelita Jaya yang diisi dua pemain asing, Kore White dan Wayne Bradford juga dinilai Fictor sangat mumpuni sebagai ujian yang patut dirasakan para penggawa Merah-Putih sebelum bertolak ke Thailand.

"Sangat menarik, sangat bagus banget untuk kita Timnas, dan mudah-mudahan untuk Pelita Jaya juga. Karena game ini benar-benar kita pakai untuk mempersiapkan tim kita kan, untuk seri (kualifikasi) Pra-Kualifikasi (Wilayah Timur FIBA Asia 2021) di Thailand nanti," ungap mantan pemain Satria Muda Pertamina Jakarta tersebut.

Pada pemusatan latihan yang berlangsung sejak Senin (19/11/2018), Fictor Roring telah menunjuk 12 pemain yang akan membela Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Wilayah Timur FIBA Asia 2021.

Skuat yang mayoritas diisi para pemain yang turun di Asian Games 2018 itu hanya mengalami sedikit perubahan. Tiga pemain anyar didatangkan untuk memperkuat tim.

Ketiga pemain tersebut adalah Hardianus Lakudu (Satria Muda), Avan Saputra (Satria Muda) dan Agassi Goantara (Stapac Jakarta). Mereka datang menggantikan posisi Xaverius Prawiro, Sandy Fabiansyakh Kusuma dan Kevin Sitorus.

"Xaverius saya ganti karena dia mengalami cedera hamstring. Dia saya ganti Hardianus. Sandy saya ganti Agassi, pemain muda potensial masa depan indonesia. Lalu ada Avan Saputra. Avan sih sudah keluar masuk tim ya sejak Asian Games kemarin. Ini tim yang akan turun," ujarnya.

Pra-Kualifikasi Wilayah Timur FIBA Asia 2021 sendiri akan berlangsung pada 26 November hingga 1 Desember 2018 di Thailand. Indonesia sendiri tergabung dalam Grup A bersama Malaysia dan Makau.

Berikut skuat lengkap Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Wilayah Timur FIBA Asia 2021:

1. Arki Dikania Wisnu
2. Adhi Pratama Prasetyo
3. Hardianus Lakudu
4. Kaleb Ramot Gemilang
5. Jamarr Andre Johnson
6. Andakara Prastawa Dhyaksa
7. Avan Saputra
8. Valentino Wuwungan
9. Agassi Goantara
10. Ponsianus Nyoman Indrawan
11. Muhammad Dhiya Ul'haq
12. Abraham Damar Grahita

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS