Kevin / Marcus Tak Perlu Khawatirkan Han / Zhou

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Kevin / Marcus Tak Perlu Khawatirkan Han / Zhou
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, melaju ke perempat final Fuzhou China Open 2018. Pasangan yang dijuluki The Minions ini menyingkirkan Kang Min Hyuk/Kim Won Ho (Korsel), Kamis (8/11/2018). [Humas PBSI]

Han/Zhou berhasil mengalahkan Kevin/Marcus di dua pertemuan terakhir.

Suara.com - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Susy Susanti, menyebut Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak perlu panik saat berjumpa ganda putra Cina, Han Chengkai/Zhou Haodong di babak penyisihan Grup A BWF World Tour Finals (WTF) 2018.

Menurut Susy, Han Chengkai/Zhou Haodong tak rupanya dengan ganda putra lain. Mereka semua memang perlu diwaspadai, tapi tak sampai dijadikan momok menakutkan.

"Saya lihatnya biasa saja, karena tinggal kesiapan pemain masing-masing. Dua pasangan ini kan sudah saling bertemu, menang kalah sudah baisa," ujar Susy Susanti saat dihubungi Suara.com, Selasa (11/12/2018).

Sebagaimana diketahui, Han/Zhou baru-baru ini menjadi lawan paling merepotkan bagi Kevin/Marcus. Dari tiga pertemuan terakhir, The Minions --julukan Kevin/Marcus-- kalah beruntun di dua laga terakhir.

Kekalahan perdana diderita Kevin/Marcus saat bertemu di babak semifinal Cina Open 2018. Han/Zhou yang bermain tanpa beban secara mengejutkan mengalahkan mereka dengan skor 21-19, 11-21, 21-17.

Sedangkan kekalahan teranyar diderita ganda putra peraih medali emas Asian Games 2018 saat berhadapan di babak final Prancis Open 2018. Mereka harus puas jadi runner-up usai kandas dengan skor 21-23, 21-8, 17-21.

Namun, Susy percaya, di BWF World Tour Finals 2018 Kevin/Marcus mampu meredam segala tekanan. Sebagai ganda putra terbaik dunia saat ini, The Minions diyakini sudah menyiapkan diri sebaik mungkin.

"Saya percaya ya, Kevin/Marcus punya tanggung jawab. Mereka tahu dalam pertandingan harus menampilkan yang terbaik. Mereka pasti sudah menyiapkan diri sebagi mungkin, dan pastinya ingin berpersatsi di setiap turnamen," kata Susy.

"Jadi (saat menghadapi Han/Zhou nanti), siapa yang terapkan strategi dengan benar dan mendikte lawan, berani, siap, itu yang akan menang," imbuh peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona tersebut.

Selain bakal bertemu Han/Zhou, Kevin/Marcus yang tergabung di Grup A juga akan menghadapi Li Junhui/Liu Yuchen, serta pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Sementara Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang menempati grup B akan bersaing dengan dua ganda Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi Lin dan Liao Min Chun/Su Ching Heng, serta pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Untuk diketahui, hanya dua pemain atau pasangan dari masing-masing grup yang berhak lolos ke fase knock out atau semifinal BWF World Tour Finals 2018. Dalam memperebutkan dua tiket lolos, keempat pemain akan saling berhadapan satu sama lain.

Di pertandingan pertama babak penyisihan Grup A WTF 2018 sendiri, Kevin/Marcus akan terlebih dahulu berjumpa dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Pertandingan tersebut akan berlangsung besok, Rabu (12/12/2018) di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Cina.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS