Kontingen e-Sports Indonesia Target 4 Emas di SEA Games 2019

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Kontingen e-Sports Indonesia Target 4 Emas di SEA Games 2019
Ketua Umum e-Sports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim ditemui di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (5/1/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Kita di Tekken lumayan kuat," kata Ketua Umum e-Sports Indonesia, Eddy Lim.

Suara.com - Ketua Umum e-Sports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim menyebut tim Indonesia punya peluang untuk merengkuh prestasi di SEA Games 2019. Bahkan, tim Garuda disebutnya punya kesempatan untuk menggondol empat medali emas sekaligus.

Seperti diketahui, informasi line-up atau susunan nomor e-Sports yang bakal di pertandingkan di SEA Games 2019 Filipina telah bocor ke publik.

Dilansir The Straits Times, enam nomor e-Sports yang bakal dipertandingkan di SEA Games ke-30 itu, antara lain Mobile Legends : Bang bang dan Arena of Valor (mobile), Tekken dan NBA 2K19 (console), serta Dota 2 dan StarCraft II (PC).

Eddy Lim menerangkan, dari keenam nomor itu, Indonesia kemungkinan tak akan menurunkan semua atletnya.

Penggawa Merah Putih hanya akan turun di nomor Mobile Legends : Bang bang, Arena of Valor, Tekken dan Dota 2.

"Kita di Tekken lumayan kuat. Tapi sebenarnya di level Asia Tenggara kita harapkan 4 nomor itu kita dapat emas," ujar Eddy Lim saat ditemui Suara.com di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Eddy yang juga pemilik Liga Game e-Sports, ancaman untuk atlet-atlet Indonesia di SEA Games 2019 berasal dari Filipina. Di nomor Dota 2, Filipina disebutnya sangat kuat.

"Makannya saya bilang, medali perak dan perunggu masih bisa kita dapatkan dari Dota 2. Sebab, harus kita akui secara real bahwa kita tak bisa lawan TNC Pro Team (team pro asal Filipina). Tapi saya harapkan nantinya ada pelatih yang bisa angkat (performa) para atlet kita," ujar Eddy.

Meski sejak awal telah memutuskan hanya empat nomor e-Sports yang akan diikuti penggawa Merah Putih, Eddy masih membuka peluang untuk menurunkan atlet di nomor StarCraft II.

Saat ini, dirinya masih memantau perkembangan tim-tim StarCraft II Indonesia. Jika ada yang memiliki talenta bagus, Eddy tak segan untuk mengikutsertakannya ke SEA Games 2019 nanti.

"Jika dalam waktu beberapa bulan kedepan komunitas StarCraft II ada yang serius, muncul di level internasional, biarpun sekarang saya bilang enggak ikut (di nomor StarCraft), mungkin nanti saya pertimbangkan," tukasnya.

SEA Games 2019 akan berlangsung di New Clark City Filipina. Pesta olahraga terbesar masyarakat Asia Tenggara itu bakal tersaji pada 30 November hingga 11 Desember 2019.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS