Modern Pentathlon Indonesia Gelar Seleknas untuk SEA Games 2019

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Modern Pentathlon Indonesia Gelar Seleknas  untuk SEA Games 2019
Sekretaris Jendral (Sekjen) Modern Pentathlon Indonesia (MPI), Siswanto di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/1/2019) [Suara.com/Arief Apriadi]..

Ditandingkan dua nomor, Biathle dan Laser Run, jumlah sedikit namun puas soal performa.

Suara.com - Modern Pentathlon Indonesia (MPI) menggelar seleksi nasional (seleknas) perdana di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/1/2019). Hal itu dimaksudkan untuk menjaring atlet-atlet modern pentathlon berbakat yang akan tampil di SEA Games 2019 .

Dalam seleknas kali ini, MPI hanya mempertandingkan dua nomor yakni Biathle(lari - renang - lari) dan Laser Run (lari - menembak). Hal itu disesuaikan dengan nomor modern pentathlon di SEA Games 2019 yang memang hanya mempertandingkan dua nomor tadi.

Modern pentathlon sendiri merupakan cabang olahraga Olimpiade yang menggabungkan lima cabang atau disiplin yakni lari, renang, menembak, berkuda, dan anggar. Namun di SEA Games 2019, tak ada cabang anggar dan berkuda.

Menurut Sekretaris Jendral (Sekjen) MPI, Siswanto, digelarnya seleknas pada awal tahun adalah demi efisiensi waktu. Sebab, persiapan menuju SEA Games 2019 dinilainya sangat singkat, yakni kurang dari satu tahun.

"Ini baru pertama kami melaksanakan seleksi nasional. Kami mulai membuat babak penyisihan pertama, supaya nanti dalam waktu yang relatif singkat, yakni satu tahun, kami sudah bisa menentukan dan membina atlet-atlet secara fokus dan lebih terkonsentrasi," ujar Sekretaris Jendral (Sekjen) MPI, Siswanto di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Dalam seleknas perdana ini, terdapat 46 peserta yang hadir. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, pelajar, hingga anggota TNI.

Siswanto menilai jumlah ini cenderung sedikit. Karena itu, lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Harian PB Perbakin itu berharap di gelaran seleknas selanjutnya, jumlah peserta bisa bertambah banyak.

"Sebenarnya kami ingin sosialisasi ke seluruh Indonesia. Kali ini peserta paling jauh baru berasal dari Ujung Pandang, Makassar. Mungkin karena olahraga ini belum populer," kata Siswanto.

Secara umum, ia mengaku cukup puas dengan performa para peserta seleknas pertama. MPI disebutnya akan beberapa kali menggelar seleknas hingga Juli untuk menjaring atlet-atlet yang layak masuk pelatnas.

"Kami nanti coba berusaha untuk sebanyak mungkin melakukan seleksi nasional ini. Juga akan coba menurunkan mereka di event-event level Asia Tenggara, agar mereka mengenal bakal lawannya," beber Siswanto.

Dari proses seleknas yang akan berakhir hingga Juli 2019 itu, MPI berharap bisa mendapatkan enam atlet modern pentathlon terbaik, dengan rincian tiga putra dan tiga putri.

"Nantinya kami akan main di nomor perorangan Biathle (putra dan putri), perorangan Laser Run (putra dan putri), dan tim putra dan putri Biathle dan Laser Run. Jadi ada enam atlet," tukas Siswanto.

Seleknas perdana Modern Pentathlon Indonesia (MPI) akan berlangsung hari ini, Selasa (29/1/2019) hingga pukul 17.00 WIB.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS