Datangkan Pelatih Nomor 1 Dunia, Pelatnas e-Sports Digelar Usai Pemilu

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Datangkan Pelatih Nomor 1 Dunia, Pelatnas e-Sports Digelar Usai Pemilu
Ketua Umum Asosiasi e-Sports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim. [Suara.com/Arief Apriadi].

Meski belum bisa disebutkan namanya, diketahui sang instruktur kini melatih tim Eropa.

Suara.com - Ketua Umum Asosiasi e-Sports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim, mengatakan pemusatan latihan nasional (pelatnas) menuju SEA Games 2019 akan berlangsung usai pemilihan umum (Pemilu) 2019. Saat ini, IeSPA disebutnya tengah mencari atlet-atlet berpotensi melalui proses seleksi nasional .

Eddy Lim menuturkan bahwa pelatnas IeSPA nanti akan dipusatkan di Jakarta. Akan ada 4 - 5 tim yang bersaing untuk memperebutkan satu tempat sebagai wakil Indonesia di SEA Games 2019.

"Pelatnas akan berlangsung setelah Pemilu (2019). Uji coba ada, dan setiap game pelatnasnya berbeda," ujar Eddy Lim di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Demi memberikan pelatihan yang maksimal, IeSPA kata Eddy Lim, akan merekrut salah satu pelatih e-Sports terbaik di dunia. Pelatih ini dikatakannya berasal dari Korea Selatan yang kini melatih tim e-Sports asal Belanda, Liquid.

Namun, Eddy Lim belum bisa memastikan kapan pelatih itu datang. Sebab, hingga kini, proses negosiasi kontrak masih berlangsung.

"Saya tidak bisa sebut nama (pelatihnya). Nanti kami undang pelatih nomor satu dunia . Dia sudah confirm, termasuk nilai kontrak," ujar Eddy Lim.

"Tujuan kami sederhana, selain melahirkan medali emas, saya harapkan setelah SEA Games, Indonesia memiliki tim yang kuat. Jadi, gunakan kesempatan membawa pelatih nomor satu dunia untuk latih beberapa tim. Yang jadi timnas mungkin satu tim, namun tim lainnya juga terlatih," tukasnya.

IeSPA sendiri menyebut akan menggelar beberapa turnamen sebagai ajang seleksi nasional (seleknas). Salah satu turnamen yang dipastikan jadi satu dari beberapa ajang seleknas adalah Indonesia e-Sports League (IEL) University Series 2019.

IEL merupakan turnamen e-Sports antaruniversitas yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Federasi e-Sports Asia (AeSF) yang akan berlangsung pada Februari 2019.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS