Bukan Hanya Liliyana Natsir, Pebulutangkis Ini Juga Mundur dari Timnas

Rizki Nurmansyah
Bukan Hanya Liliyana Natsir, Pebulutangkis Ini Juga Mundur dari Timnas
Pebulutangkis muda tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong. [AFP/Bay Ismoyo]

Liliyana Natsir resmi mengumumkan pensiun dari arena pertandingan bulutangkis pada final Indonesia Masters 2019.

Suara.com - Keputusan Liliyana Natsir mundur dari Pelatnas bulutangkis membuat Indonesia kehilangan salah satu atlet terbaiknya. Namun, hal itu rupanya juga dialami negara Asia Tenggara lainnya, Thailand.

Baru-baru ini, Negeri Gajah Putih ditinggal salah satu pebulutangkis tunggal putri masa depannya, Pornpawee Chochuwong, pada awal Januari 2019.

Namun, berbeda dengan Liliyana Natsir yang mundur karena pensiun, Pornpawee memilih mundur dari Timnas Thailand untuk meniti di jalur profesional.

Keputusan tersebut terbilang cukup berani. Ini mengingat usia Pornpawee Chochuwong yang masih sangat muda, 21 tahun.

Pornpawee Chochuwong optimis keputusannya ini demi masa depannya yang lebih baik lagi. Terutama dari segi peningkatan performa.

"Saya merasa ini saatnya untuk meniti karier sendiri karena terkadang Timnas Thailand mengirim saya ke cukup banyak turnamen. Saya pikir cara itu tidak bisa membuat saya berkembang," ujarnya, dikutip dari The Star, Kamis (31/1/2019).

"Saat ini, saya hanya ingin fokus perbaiki permainan saya, karena ada beberapa aspek yang tidak berkembang," Pornpawee menambahkan.

Infografis Liliyana Natsir. [Suara.com/Aldie Syaf Bhuana]
Infografis Liliyana Natsir. [Suara.com/Aldie Syaf Bhuana]

Sejauh ini, terakhir kali Pornpawee Chochuwong tampil di arena bulutangkis, yakni pada ajang Indonesia Masters 2019, 22-27 Januari lalu.

Penampilannya cukup impresif, dimana berhasil menyingkirkan tunggal putri ranking enam dunia, Akane Yamaguchi (Jepang), di babak kedua.

Kiprahnya di Indonesia Masters 2019 harus terhenti di babak perempat final setelah tak mampu mengalahkan mantan peringkat satu dunia, Saina Nehwal (India).

Sepanjang kariernya bersama Timnas Thailand, Pornpawee Chochuwong pernah berkontribusi menyumbang medali emas SEA Games 2017 di nomor beregu putri.

Sementara itu, Liliyana Natsir resmi mengumumkan pensiun dari arena pertandingan bulutangkis pada final Indonesia Masters 2019, Minggu (27/1).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS