Tontowi / Winny Kemungkinan Masuk Skuat Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Tontowi / Winny Kemungkinan Masuk Skuat Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019
Kolase foto Tontowi Ahmad dan Winny Oktavina Kandow. [Humas PBSI]

Tontowi / Winny memang tengah mengejar perolehan poin untuk mendongkrak peringkat BWF

Suara.com - Asisten pelatih ganda campuran pelatnas PBSI , Nova Widianto menyebut tak menutup kemungkinan menyertakan pasangan anyar Tontowi Ahmad / Winny Oktavina Kandow di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019 atau lebih dikenal dengan nama Tong Yun Kai Cup 2019.

Menurut Nova, Tontowi / Winny memang tengah mengejar perolehan poin untuk mendongkrak peringkat BWF. Demi mengakomodir hal tersebut, PBSI telah mencanangkan program enam turnamen kedepan bagi keduanya, yang salah satu opsinya adalah Tong Yun Kai Cup 2019 yang bakal berlangsung di Hong Kong, Maret mendatang.

Nova sendiri menyebut Tontowi / Winny akan turun di tiga turnamen Eropa yakni Barcelona Spain Masters, German Open dan All England. Sementara tiga lainnya merupakan turnamen Asia yakni India Open, Malaysia Open dan Singapore Open.

"Di situ (Tong Yun Kai Cup 2019) nambah poinnya besar. Kami mau (Tontowi/Winny) turun di situ. Kalau bisa turun, mungkin di Malaysia (Open) tidak perlu ikut, karena sudah terlalu banyak (turnamen)," ujar Nova Widianto.

Nova menjelaskan bahwa perhitungan poin BWF terhadap pasangan anyar memiliki sedikit perbedaan dengan pasangan yang peringkatnya sudah tercatat di ranking BWF.

Pasangan anyar baru akan mendapatkan peringkat murni --bukan penggabungan national ranking-- setelah menjalani empat turnamen beruntun.

Tontowi / Winny saat ini masih mengandalkan national rangking. Tontowi yang saat ini menghuni ranking 4 bersama Liliyana Natsir dan Winny yang bertengger di ranking 31 bersama Akbar Bintang Cahyono, di empat turnamen pertama akan tercatat sebagai pasangan peringkat 23 atau 24 dunia.

Itulah mengapa Tontowi / Winny bisa memenuhi kualifikasi peringkat untuk bisa tampil di All England Open 2019 yang secara aturan hanya bisa diikuti para pemain atau pasangan yang berada diperingkat 32 besar BWF.

"Sekarang Tontowi / Winny cari poin dulu. Yang penting main maksimal. Dari enam turnamen itu sebisa mungkin dapat ranking bagus, agar kedepannya bisa main di level Super Series (BWF World Tour)," papar Nova.

"Ini masih bisa main All England Open 2019 karena national point masih tinggi, Owi peringkat 4, Winny peringkat 31. Setelah empat pertandingan, akan keluar ranking aslinya. Kalau (peringkatnya) jelek, susah kedepannya," imbuhnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS