Baru 26 Tahun, Ini Rekor Memukau Marc Marquez

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Baru 26 Tahun, Ini Rekor Memukau Marc Marquez
Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (7/2). [AFP/Mohd Rasfan]

Dirinya baru saja berulang tahun ke-26 beberapa hari lalu.

Suara.com - Bulan Februari sepertinya jadi bulan lahir pembalap-pembalap MotoGP hebat. Sehari setelah Valentino Rossi berulang tahun ke- 40 pada Sabtu (16/2/2019),  selang sehari giliran pembalap MotoGP asal Spanyol Marc Marquez yang menginjak usia 26 tahun.

Walaupun tergolong masih muda, pembalap tim Repsol Honda ini telah mencatatkan sejumlah rekor yang memukau. Apa saja yang telah dialami Marc Marquez selama menjalani karier balapnya? Berikut beberapa rekor paling impresif dari pembalap Repsol Honda ini.

1. Dua musim berturut-turut sebagai pembalap paling sering jatuh

Marc Marquez jatuh di Misano. (motorsport.com)
Marc Marquez jatuh di Misano. (motorsport.com)

Dalam dua musim terakhir, Marc Marquez dinobatkan semagai pembalap yang paling sering terjatuh selama kompetisi. Pada 2017 dirinya terjatuh sebanyak 27 kali dan 23 kali di musim 2018. Uniknya, pada dua musim tersebut, Marc Marquez selalu berhasil menjadi juara dunia.

2. Juara dunia kelas primer lima kali di usia termuda

Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018. (Twitter/@motogp)
Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018. (Twitter/@motogp)

Marquez berhasil meraih gelar juara kelimanya di kelas primer di usia termuda, yakni 25 tahun 246 hari, mengalahkan rekor Valentino Rossi di usia 26 tahun 221 hari.

3. Rider pertama yang mampu juara Moto2 dan MotoGP berturut-turut

Valentino Rossi salip meyalip dengan Marc Marquez (autosport.com)
Valentino Rossi salip meyalip dengan Marc Marquez (autosport.com)

Selama berkiprah di MotoGP, Marc Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang meraih gelar juara Moto2 dan MotoGP secara beruntun (2012-2013).

4. Pembalap Spanyol modern dengan titel terbanyak 

Marc Marquez. (Twitter/@alpinestar)
Marc Marquez. (Twitter/@alpinestar)

Marc Marquez menjadi pembalap MotoGP era modern asal Spanyol yang meraih banyak titel dengan 7 gelar juara dunia, hanya kalah dari Angel Nieto yang juara 13 kali di semua kelas.

Itulah beberapa rekor paling impresif dari pembalap Repsol Honda ini. Tak berhenti di situ saja, masih banyak rekor lain yang telah dipecahkan atau akan dipecahkan mengingat usianya yang terbilang masih muda bagi pembalap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS