Juara Piala Presiden e-Sports Berpeluang Wakili Indonesia di SEA Games 2019

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Juara Piala Presiden e-Sports Berpeluang Wakili Indonesia di SEA Games 2019
Menpora Imam Nahrawi di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (26/3/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Kita berharap seleksi Timnas e-Sports menuju SEA Games 2019 itu tak perlu lagi ada seleksi nasional," kata Menpora.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengatakan, tim yang menjuarai Piala Presiden e-Sports 2019 berpotensi mewakili Indonesia di SEA Games 2019 Filipina, November mendatang.

Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi saat menghadiri konferensi pers Grand Final Piala Presiden e-Sports 2019 di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, tiga tim teratas hasil kompetisi Piala Presiden e-Sports 2019 sudah cukup mumpuni secara kualitas.

Daripada melakukan seleksi nasional (seleknas) ulang, IeSPA selaku federasi e-Sports Indonesia disebutnya bisa memilih tim-tim terbaik dari Piala Presiden e-Sports sebagai wakil Merah Putih di nomor Mobile Legends: Bang Bang.

"Kita berharap untuk seleksi Timnas e-Sports menuju SEA Games 2019 itu tak perlu lagi ada seleksi nasional. Minimal tiga besar (Piala Presiden e-Sports 2019) langsung masuk Pelatnas," kata Menpora.

Lebih jauh, Menpora mengatakan jika pembangunan ekosistem e-Sports di Indonesia harus dilakukan secara simultan.

Tak hanya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pihak swasta maupun negara juga dituntut untuk sama-sama membawa e-Sports ke ranah positif.

"Saya kira hal penting yang harus kita lakukan bersama untuk bangun e-Sports tak bisa dilakukan sendirian. Dari Kemenpora kita tak hanya mengirim mereka (atlet e-Sports) ke multievent. Ini harus betul-betul digalakkan dan dijadikan semacam olahraga baru dan digemari seluruh lapisan masyarakat," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, SEA Games 2019 resmi mempertandingkan cabang olahraga e-Sports.

Ada enam game yang akan dilombakan yakni DotA 2 dan StarCraft II (PC), Mobile Legends dan Arena Of Valor (mobile), serta NBA 2K19 dan Tekken 7 (console).

Ketua Umum Asosiasi e-Sports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim sebelummya juga telah mengatakan, jika Pelatnas e-Sports menuju SEA Games 2019 akan berlangsung usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Saat ini, IeSPA disebutnya tengah mencari atlet-atlet berpotensi melalui proses seleksi nasional yang akan memanfaatkan beberapa kejuaraan e-Sports di Tanah Air. Salah satunya Indonesia e-Sports League (IEL) University Series 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS