Ini Rekor yang Dicetak Alex Rins Usai Menang di MotoGP Amerika, Komplet!

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Ini Rekor yang Dicetak Alex Rins Usai Menang di MotoGP Amerika, Komplet!
Pebalap muda Spanyol dari tim Suzuki, Alex Rins. [AFP/Javier Soriano]

Pembalap asal Spanyol itu langsung membukukan beberapa rekor.

Suara.com - Juara di MotoGP Amerika Serikat yang digelar di Circuit of The Americas (COTA), Senin (15/4/2019) lalu, Alex Rins tak cuma berhasil mematahkan rekor Marc Marquez, pembalap Spanyol itu  juga sukses mencetak banyak rekor baru yang membuatnya semakin komplet.

Sejak naik ke kelas MotoGP di tahun 2017, Alex Rins memang menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan bersama Tim Suzuki Ecstar.

Melihat dua musim sebelumnya (2017 dan 2018) COTA sangatlah tidak bersahabat bagi Alex Rins, Sob. Rider Spanyol itu harus menelan pil pahit karena gagal menyelesaikan balapan di COTA, pada MotoGP 2017 dan MotoGP 2018.

Bahkan di MotoGP 2017, Alex Rins mengalami patah pergelangan tangan ketika melakoni sesi latihan bebas di sirkuit tersebut. Hal itu, kemudian, membuatnya harus menepi hingga dua bulan.

Kira-kira sudah tahu, apa saja rekor yang dicetak Alex Rins pada gelaran MotoGP Amerika tadi malam? 

1. Pertama Kali Juara di Kelas MotoGP

Alex RIns Jadi Juara di MotoGP Amerika. (Instagram/alexrins)
Alex RIns Jadi Juara di MotoGP Amerika. (Instagram/alexrins)

Sejak pertama kali naik ke kelas MotoGP, Alex Rins memang belum pernah merasakan podium pertama. Baru pada MotoGP Amerika kemarin, Alex Rins berhasil menjadi juara di kelas MotoGP.

Nggak heran kalau pembalap dengan nama lengkap Alex Rins Navarro ini, begitu gembira dan emosional.

2. Sukses Taklukan MotoGP Amerika di Tiga Kelas Berbeda

Alex Rins di Circuit of The Americas (COTA). (Instagram/alexrins)
Alex Rins di Circuit of The Americas (COTA). (Instagram/alexrins)

Sejak 2013, Amerika Serikat resmi menggunakan COTA untuk menggantikan sirkuit Laguna Seca. Di tahun yang sama, Alex Rins, yang saat itu masih membalap untuk Estrella Galicia 0,0 menjadi juara di kelas Moto3.

Tahun 2016, pembalap kelahiran Barcelona, 8 Desember 1995 ini kembali jadi juara di COTA, saat membela tim Paginas Amarillas HP 40, yang berlaga di kelas Moto2.

Dan di MotoGP Amerika tadi malam, Alex Rins, akhirnya sukses meraih podium pertama di COTA bersama Tim Suzuki Ecstar di kelas MotoGP. Komplet.

3. Putus Rekor Marc Marquez, Pertahankan Rekor Spanyol

(Ki-Ka) Jack Miller, Alex Rins dan Valentino Rossi. (Instagram/motogp)
(Ki-Ka) Jack Miller, Alex Rins dan Valentino Rossi. (Instagram/motogp)

Terakhir, Alex Rins jadi pembalap yang berhasil memutus rekor kemenangan beruntun Marc Marquez di Circuit of The Americas. Ya, meskipun keberhasilan Alex Rins juga tak lepas dari terjatuhnya Marc Marquez di tikungan ke 12.

Meski memutus rekor enam kemenangan beruntun Marc Marquez di MotoGP Amerika, tapi Alex Rins sukses mempertahankan dominasi Spanyol di sirkuit dengan panjang 5.5 kilometer itu.

Meski Marc Marquez tidak finis di COTA, namun keberhasilan Alex Rins yang juga berasal dari Spanyol, menjadikan MotoGP Amerika, dikuasai oleh pembalap Spanyol.

Komplet sudah rekor Alex Rins di MotoGP Amerika. Selamat untuk Alex Rins, dan Suzuki yang berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya di kelas MotoGP.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS