Menpora : Olahraga Masyarakat Jadi Spirit untuk Junjung Sportivitas

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Menpora : Olahraga Masyarakat Jadi Spirit untuk Junjung Sportivitas
Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman dan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, di Wisma Kemenpora, Senin (22/4/2019). (Dok : Menpora).

Maskot resmi Fornas V 2019 bernama Busu, berupa fauna asli Kalimantan Timur.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, didampingi Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI), HayonoIsman, dan Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menghadiri peluncuran logo dan maskot Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Nasional (Fornas) V 2019 , i Wisma Menpora, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Maskot resmi Fornas V  2019 bernama Busu, berupa fauna asli Kalimantan Timur yaitu, ikan pesut. Satwa ini ditetapkan sebagai fauna identitas Kaltim dan ditetapkan merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa. 

Sementara logo resmi Fornas V 2019 mengambarkan dua olahragawan berkostum olahraga saling bergandengan tangan yang berarti kebersamaan untuk mengajak masyarakat Indonesia bersatu. Kedua olahragawan ini memegang alat olahraga rekreasi masyarakat, yaitu sumpit dan panahan.

Pada logo tersebut juga tergambar lima selendang emas berukir motif Dayak yang menjadi ciri khas Kaltim. 

Pada acara yang sekaligus penandatanganan kesepakatan penyelenggaraan Fornas V  2019 antara Ketua Umum FORMI, Hayono Isman dengan Sekretaris Daerah Kaltim, Meliana tersebut, Menpora mengatakan, FORNAS ini menjadi spirit olahraga masyarakat.

“Kita bersyukur bisa hadir di peluncuran maskot dan logo Fornas V. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia betul-betul bahagia menyambut FORNAS V, yang akan dilaksanakan di Kota Pesut, Samarinda, Kalimantan Timur. FORNAS menjadi spirit olahraga masyarakat Indonesia  untuk menjunjung tinggi sportivitas dan menjunjung tinggi kebersamaan," ujarnya. 

“Saya berharap, spirit peluncuran kali ini kita sebarluaskan agar semua bisa menjunjung tinggi sportivitas. Perlu kita tahu, tidak ada istilah  pemenang sejati kecuali dia menghargai yang kalah, dan tidak ada orang yang tidak  ingin jadi juara, kecuali dia terus ingin berlatih," ucapnya. 

Sementara itu, Hayono Isman mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang telah mendukung FORNAS V.  

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora beserta jajaran, atas dukungannya terhadap kegiatan yang penting ini. FORNAS 2019 akan dilaksanakan pada November dan menjadi  suatu kebanggaan yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia. Di sinilah kita berkumpul menjadi satu, kembali bersaudara dan kembali bersatu untuk membangun Tanah Air Indonesia yang kita cintai melalui olahraga rekreasi," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS