Cari Bibit Baru, Pencak Silat hingga e-Sports Ramaikan Fornas 2019

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Cari Bibit Baru, Pencak Silat hingga e-Sports Ramaikan Fornas 2019
Ketua Umum Formi Hayono Isman dalam acara perilisan logo dan maskot Fornas 2019 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Fornas ini adalah pekan olahraga nasionalnya masyarakat, olahraga rekreasi," ujar Hayono.

Suara.com - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) akan kembali digelar. Fornas kelima 2019 ini akan berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-18 November mendatang.

Sebanyak 37 induk cabang olahraga mulai dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) hingga Indonesia e-Sports Association (IeSPA) turut meramaikan festival ini.

Ketua Umum Formi (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), Hayono Isman mengatakan, Fornas 2019 diadakan sebagai wujud dukungan Formi untuk mengembangkan dan membantu cabang olahraga prestasi mencari bibit atlet berbakat di masa depan.

"Fornas ini adalah pekan olahraga nasionalnya masyarakat, olahraga rekreasi. Di samping ada yang naik kelas dari olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi contohnya e-Sport," ujar Hayono di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Ilustrasi turnamen e-Sports. [AFP]
Ilustrasi turnamen e-Sports. [AFP]

"E-Sport itu awalnya olahraga rekreasi yang sekarang jadi olahraga prestasi, karena memang di situ lah (olahraga rekreasi) pembibitan, pemberdayaan, untuk olahraga apapun (di mulai), termasuk e-Sport," mantan Menpora di era Presiden Soeharto ini.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi gelaran Fornas 2019. Menurutnya, hal itu penting untuk mengenalkan berbagai cabang olahraga kepada masyarakat.

"Kita mendorong ini agar kita terbiasa bergerak dan berolahraga. Olahraga bisa apa saja, nanti Formi akan memperkenalkan itu semua," ujar Menpora.

Menpora Imam Nahrawi dalam acara perilisan logo dan maskot Fornas 2019 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Menpora Imam Nahrawi dalam acara perilisan logo dan maskot Fornas 2019 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Pagelaran Fornas 2019 juga turut disambut positif FPTI yang saat ini tengah berjuang untuk bisa lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Hal itu diungkapkan Andrian Kurnia Putra selaku Ketua Bidang Hubungan antar lembaga FPTI.

"Fornas ini sangat bagus. Khusus untuk FPTI ini adalah wadah kita untuk memasyarakatkan olahraga panjat tebing khususnya bagi anak-anak, agar kita bisa mencari bibit-bibit atlet," ujar Andrian.

Fornas 2019 bakal digelar pada dua venue berbeda yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Antara lain di Stadion Madya dan Gelanggang Olahraga Segiri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS