Bogor Siliwangi Mundur, CLS Knights Akan Kembali ke IBL?

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Bogor Siliwangi Mundur, CLS Knights Akan Kembali ke IBL?
Legiun asing milik CLS Knights Indonesia, Darryl Watkins (kedua dari kanan) berhasil menjadi bintang kemenangan timnya di laga keempat final ABL 2018/2019 setelah membukukan double-double dengan rincian 28 poin dan 16 rebound, serta lima assist. [Dok. CLS Knights Indonesia]

Kontrak CLS Knights dengan ABL resmi berakhir musim ini.

Suara.com - Klub papan atas asal Surabaya, CLS Knights Indonesia diisukan bakal kembali mengikuti kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) musim depan. Isu itu menyusul terdepaknya Bogor Siliwangi dari IBL.

Bogor Siliwangi terpaksa mengundurkan diri dari IBL lantaran dianggap gagal memenuhi ketentuan dan kewajiban dari pihak liga.

Salah satunya terkait tunggakan gaji para pemain dan ofisial tim.

Mundurnya Bogor Siliwangi membuat jumlah peserta klub IBL untuk sementara menjadi hanya sembilan tim.

CLS Knights Indonesia yang baru saja menjuarai kompetisi ASEAN Basketball League (ABL) digadang-gadang akan mengisi satu slot kosong tersebut.

Para pemain dan staf pelatih BTN CLS Knights Indonesia merayakan gelar juara ASEAN Basketball League (ABL) 2018/2019 di OCBC Arena, Singapura, Rabu (15/5/2019). [Dok. CLS Knights Indonesia]
Para pemain dan staf pelatih BTN CLS Knights Indonesia merayakan gelar juara ASEAN Basketball League (ABL) 2018/2019 di OCBC Arena, Singapura, Rabu (15/5/2019). [Dok. CLS Knights Indonesia]

Sebagaimana diketahui, kontrak CLS Knights dengan ABL resmi berakhir musim ini. Belum ada tanda-tanda klub yang menjuarai IBL 2016 itu bakal perpanjang kontrak di ABL.

Direktur IBL Hasan Gozali tak menampik jika CLS Knights menjadi kandidat peserta IBL musim depan.

Meski begitu, ia menegaskan jika semua klub yang ingin jadi peserta IBL harus mengikuti segala ketentuan yang berlaku.

Untuk diketahui, CLS Knights hingga kini masih berbentuk yayasan. Sementara pihak IBL mewajibkan setiap tim harus memiliki badan hukum alias Perseroan Terbatas (PT).

"Kami akan welcome kok. Tetapi, play by our rules saja," ujar Hasan Gozali saat dihubungi wartawan, Senin (27/5/2019) malam WIB.

IBL sendiri berharap sudah mendapatkan klub pengganti Bogor Siliwangi pada Agustus 2019, atau sebelum kompetisi memasuki tahap draft pemain.

Jika pun pada akhirnya gagal menemukan klub pengganti, Hasan menegaskan jika IBL akan tetap berjalan dengan sembilan klub peserta.

"Ada beberapa klub yang menunjukkan minatnya. Saya akan bertemu satu per satu dalam waktu singkat. Semoga bisa dapat yang visinya sama," kata Hasan.

"Tapi kalau memang tetap tak ada penggantinya, kita akan jalan dengan sembilan klub peserta," pungkas bos IBL.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS