Ini Rahasia Kehebatan Marc Marquez di MotoGP

Angga Roni Priambodo
Ini Rahasia Kehebatan Marc Marquez di MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan keberhasilan menjadi juara dunia MotoGP 2019 usai memenangi balapan di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (6/10). [AFP/Lillian Suwanrumpha]

Pujian ini diungkapkan oleh pembalap MotoGP , Cal Crutchlow.

Suara.com - Marc Marquez baru saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019 setelah memenangi secara dramatis balapan di Sirkuit Buriram, Thailand pada akhir pekan lalu.

The Baby Alien memperlebar jarak dari pesaing terdekatnya, pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso menjadi 110 poin di mana balapan tinggal menyisakan empat seri lagi.

Dengan poin maksimal jika Dovizioso memenangi semua balapan dan MArquez gagal finis hanya 100 poin, capaian milik pembalap asal Spanyol itu jelas sudah tak terkejar.

Dominan di sepanjang musim bukti bahwa Marquez memang luar biasa. Lalu muncul di benak, apa sih rahasia kesuksesan pembalap Repsol Honda itu?

Selebrasi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, usai memenangkan balapan MotoGP Thailand 2018 di Sirkuit Buriram, Minggu (7/10/2018). [AFP/Lillian Suwanrumpha]
Selebrasi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, usai memenangkan balapan MotoGP Thailand 2018 di Sirkuit Buriram, Minggu (7/10/2018). [AFP/Lillian Suwanrumpha]

Sebelum membahas rahasia juara dunia delapan kali itu, mari lihat bagaimana rekan setimnya, Jorge Lorenzo berada di musim 2019 ini.

Mantan pembalap Ducati itu begitu terseok-seok sepanjang musim. Dirinya bahkan kesulitan untuk bisa naik podium di gelaran MotoGP 2019 ini.

Jadi kemenangan demi kemenangan yang diraih Marc Marquez selama ini murni karena keahliannya mengendarai sepeda motor. Hal itu dibenarkan oleh Cal Crutchlow, pembalap yan juga bernaung di tim Honda.

"Honda memiliki pembalap terbaik. Cara balapan Marc memang berbeda dari kita semua," ujar Cal Crutchlow di sebuah kesempatan.

Cal Crutchlow saat menjalani MotoGP Brno. (motogp.com)
Cal Crutchlow saat menjalani MotoGP Brno. (motogp.com)

Pembalap asal Inggris itu kemudian memaparkan beberapa kelemahan dan kelebihan mesin Honda yang ditunggangi dirinya dan Marquez.

"Sejauh ini menjadi sepeda motor yang paling menguras fisik untuk dikendarai. Sepeda motornya tak dapat menikung dengan baik, namun sangat baik dalam titik pengereman," tambah Cal Crutchlow.

Dengan hasil yang dicapai Marquez dalam beberapa tahun belakangan ini, dapat disimpulkan selain kerja sama tim, kemampuan Marquez dalam menjinakkan kuda besinya memang luar biasa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS