Terdampak Topan Hagibis, Kualifikasi F1 GP Jepang Diundur ke Minggu Pagi

Rizki Nurmansyah
Terdampak Topan Hagibis, Kualifikasi F1 GP Jepang Diundur ke Minggu Pagi
Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, memimpin balapan di depan rekan setimnya Lewis Hamilton dalam kondisi lintasan basah pasca diguyur hujan pada balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (5/10/2014). [AFP/ Toshifumi Kitamura]

Semua kegiatan F1 GP Jepang yang berlangsung Sabtu, termasuk sesi latihan bebas ketiga, ditiadakan.

Suara.com - Penyelenggara Formula 1 (F1) GP Jepang memutuskan memundurkan sesi kualifikasi yang sedianya digelar, Sabtu (12/10/2019) menjadi Minggu (13/10/2019) pagi.

Pemunduran jadwal ini menyusul dampak Topan Hagibis yang akan melanda Jepang pada Sabtu besok.

Semua kegiatan F1 GP Jepang yang berlangsung Sabtu, termasuk sesi latihan bebas ketiga, ditiadakan dan tidak ada penjadwalan ulang.

Kualifikasi F1 GP Jepang akan digelar Minggu pukul 10.00 waktu setempat, dimana diharapkan cuaca telah cerah.

Sementara balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka akan tetap sesuai jadwal yaitu pukul 14.10 waktu setempat.

"Sebagai hasil dari prediksi dampak Topan Hagibis terhadap F1 GP Jepang 2019, Mobilityland and the Japanese Automobile Federation (JAF) telah memutuskan untuk membatalkan semua aktivitas yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 12 Oktober," demikian pernyataan pihak F1 dalam laman resmi mereka, Jumat (11/10/2019).

"FIA dan Formula 1 mendukung keputusan tersebut demi keselamatan para penonton, kompetitor dan semua yang ada di Sirkuit Suzuka," lanjutnya.

Jika sesi kualifikasi tak memungkinkan digelar karena cuaca buruk berlanjut, posisi start akan ditentukan oleh hasil sesi latihan bebas kedua (FP2).

Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jumat (11/10/2019). [AFP/
Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jumat (11/10/2019). [AFP/

Sebelumnya, sesi kualifikasi GP Jepang pernah diundur ke hari Minggu pada 2004 dan 2010 karena cuaca buruk.

Biro cuaca setempat telah memberi peringatan jika Topan Hagibis bisa menimbulkan curah hujan yang sangat tinggi, sehingga balapan F1 GP Jepang pada Minggu bisa terancam cuaca buruk walaupun prediksi menyatakan cuaca akan lebih cerah hari itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS