SEA Games 2019: Gagal di Marathon, Odekta Tebus di 10.000 M

Bangun Santoso | Arief Apriadi
SEA Games 2019: Gagal di Marathon, Odekta Tebus di 10.000 M
Pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho berhasil merebut medali perunggu di nomor 10.000 meter putri cabang olahraga (cabor) atletik SEA Games 2019 di Athletics Stadium, New Clark, Minggu (8/12/2019). [Dok. Kemenpora]

Pelari kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara itu meraih podium ketiga setelah mencatatkan waktu 36 menit 42,28 detik

Suara.com - Pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho berhasil merebut medali perunggu di nomor 10.000 meter putri cabang olahraga (cabor) atletik SEA Games 2019 di Athletics Stadium, New Clark, Minggu (8/12/2019).

Pelari kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara itu meraih podium ketiga setelah mencatatkan waktu 36 menit 42,28 detik.

Hasil ini membuat Odekta setidaknya menebus kegagalan meraih medali di nomor marathon 42 kilometer, Jumat (6/12/2019).

Kala itu Odekta yang tampil meyakinkan hingga terus memimpin perlombaan sejak awal, justru terjatuh sekitar 600 meter jelang finis dan tak bisa melanjutkan perlombaan.

Kondisi itu membuat raihan podium terlepas dari tangan Odekta. Medali emas pun diraih pelari Filipina, Chirstine Halalsgoc.

Sementara perak dan perunggu berturut-turut diraih Mary Joy Tabal (Filipina), dan pelari Vietnam, Thi Hong Le Pham.

"Kemarin saya tidak finis karena heat stroke. Untuk bangkit lagi memulihkan motivasi di sini sangat berat sekali," ujar Odekta dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (8/12/2019).

"Tapi optimis saja. Saya dedikasikan untuk semua teman saya yang menyemangati dan mendorong untuk tetap berjuang di sini," sambungnya.

Odekta menjelaskan bahwa insiden di nomor lari marathon sempat membuatnya terpuruk. Kendati demikian, dukungan dari banyak pihak membuatnya termotivasi untuk tampil baik di nomor 10.000 meter.

"Teman-teman bilang jangan menyerah, masih ada satu hari lagi," beber Odekta.

"Dari semua motivasi itu, saya bilang sama pelatih saya, oke saya mau coba lagi. Pada akhirnya, Tuhan menjawab. Bukan kemarin, tapi hari ini," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS