Event Olahraga yang Batal dan Ditunda Akibat Virus Corona

Rizki Nurmansyah
Event Olahraga yang Batal dan Ditunda Akibat Virus Corona
Tim putri China saat menjuarai turnamen Badminton Asia Team Championships 2016 di India. Pada BATC 2020 di Filipina, tim putri China batal ikut serta lantaran dampak wabah virus Corona di negara mereka. [AFP/Noah Seelam]

Lebih dari 1.300 warga China tewas akibat virus Corona.

Suara.com - Lebih dari 1.300 warga China tewas akibat virus Corona. Tak hanya itu, wabah tersebut juga menginfeksi lebih dari 60 ribu orang lainnya.

Wabah virus Corona yang muncul akhir tahun lalu di Wuhan, China bagian tengah, bukan hanya mengakibatkan krisis kesehatan global.

Namun juga berdampak bagi dunia olahraga. Wabah tersebut telah menyebabkan pembatalan dan penundaan event olahraga.

Berikut kejuaraan olahraga yang batal dan ditunda akibat virus Corona dikutip dari Reuters, Sabtu (15/2/2020).

Atletik

- Kejuaraan Dunia Atletik Indoor, dijadwalkan di Nanjing dari 13 sampai 15 Maret, ditunda hingga tahun depan. Pihak panitia tengah membahas tanggal pelaksanaan kejuaraan dua tahunan itu pada 2021.

- Asosiasi Atletik Asia membatalkan kejuaraan atletik indoor pada 12-13 Februari di Hangzhou.

Golf

- Tur golf elite sektor putri LPGA membatalkan turnamen Blue Bay pada 5-8 Maret yang semestinya diadakan di Hainan.

Tur ini juga membatalkan acara LPGA Thailand di Pattaya yang dijadwalkan 20-23 Februari dan Kejuaraan Dunia Putri 27 Februari-1 Februari di Singapura.

- PGA Tour Series-China menunda dua turnamen kualifikasi dan menunda dimulainya kampanye musim 2020-nya sampai dua bulan sehingga memangkas jumlah turnamen musim reguler dari 14 menjadi 10.

Hoki

- Pertandingan Liga Profesional Hoki antara China dan Australia, yang tadinya akan berlangsung pada 14-15 Maret di Changzhou, daibatalkan.

Rugby 7

- Pertandingan leg World Rugby Sevens antara Singapura dan Hong Kong ditunda dari April menjadi Oktober.

Sepakbola

- Pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub China Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG ditunda.

Klub Guangzhou dan Shanghai semestinya akan memainkan pertandingan fase penyisihan grup pada bulan Mei.

Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG dijadwalkan bertanding melawan tuan rumah Perth Glory dan Sydney FC.

Namun pihak berwenang Australia berusaha menjadwal ulang pertandingan setelah ada pemberlakukan larangan perjalanan terhadap warga negara asing yang datang dari China.

- Turnamen kualifikasi Olimpiade melibatkan empat tim putri terdiri dari China, Australia, Taiwan, dan Thailand telah dipindahkan oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dari Wuhan ke Australia.

- Vietnam mengatakan tidak akan mengizinkan event-event olahraga diadakan pada Februari. Ini artinya pertandingan kandang babak grup Piala AFC di Ho Chi Minh City dan Than Quang Ninh harus dialihkan ke pertandingan tandang.

- Asosiasi Sepakbola China menunda semua pertandingan domestik.

- AFC mengatakan pertandingan babak kualifikasi Zona Timur Piala AFC 2020 ditunda beberapa bulan lagi untuk dimulai kembali pada 7 April gara-gara adanya pembatasan perjalanan di beberapa negara.

Formula 1

- Grand Prix China di Shanghai sudah ditetapkan 19 April. Namun ditunda oleh otoritas balap otomotif FIA dan Formula Satu.

Pihak berwenang akan mempertimbangkan kemungkinan tanggal alternatif akhir tahun ini jika situasi membaik.

Para driver jet darat mengawali start di F1 GP China 2019, di Sirkuit Shanghai (14/4/2019) [AFP/Greg Baker].
Para pebalap mengawali start di F1 GP China 2019 di Sirkuit Shanghai, Minggu (14/4/2019). [AFP/Greg Baker]

Formula E

- Seri balap mobil Formula E membatalkan rencana balapan di Sanya pada 21 Maret.

Tenis

- Federasi Tenis Internasional memindahkan event Grup I Asia/Oseania Fed Cup yang terdiri dari China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan dari Dongguan ke Nur-Sultan (sebelumnya Astana) di Kazakhstan.

Namun event yang semestinya berlangsung 4-8 Februari ditunda setelah Kazakhstan menolak menjadi tuan rumah pengganti.

Tinju

- Komite Olimpiade Internasional mengumumkan Yordania menjadi tuan rumah kualifikasi tinju Olimpiade 2020 zona Asia dan Oseania setelah event di Wuhan dibatalkan. Kejuaraan tersebut akan digelar di Amman dari 3 hingga 11 Maret.

Bola Basket

- Federasi Bola Basket Internasional memindahkan kualifikasi Olimpiade Tokyo 6-9 Februari dari Foshan ke Beograd.

- Pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara Jepang dan Cina, yang semestinya digelar di Chiba pada 21 Februari, ditunda.

Pertandingan lain yang dibatalkan adalah Filipina vs Thailand (20 Februari) dan Cina vs Malaysia (24 Februari).

Bulutangkis

- China dan Hong Kong terpaksa mengundurkan diri dari Badminton Asia Team Championships 2020 yang berlangsung pada 11-16 Februari di Manila.

- Turnamen China Masters 25 Februari hingga 1 Maret di Hainan ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri. BWF berharap Kejuaraan Bulutangkis Asia masih bisa berlanjut di Wuhan pada 21-26 April.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS