Keluarkan Rekomendasi Liga 1, BOPI Ingin Kompetisi Dikelola Profesional

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Keluarkan Rekomendasi Liga 1, BOPI Ingin Kompetisi Dikelola Profesional
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyerahkan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk Liga 1 2020 di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Jumat (21/2). Dengan akan bergulirnya kick off Liga 1 2020, BOPI berharap kompetisi ini bisa berjalan dengan profesional, dan kericuhan antarsuporter tidak terjadi lagi. (Dok : Kemenpora).

Klub harus profesional. Dia tidak ingin lagi mendengar klub menuggak gaji pemain. Kemudian, para pemain diminta untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Suara.com - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyerahkan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk Liga 1 2020 di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Dengan akan bergulirnya kick off Liga 1 2020, BOPI berharap kompetisi ini bisa berjalan dengan profesional, dan kericuhan antarsuporter tidak terjadi lagi. 

"Selama kurun seminggu terakhir, kita melakukan verifikasi adminstrasi Liga 1. Prosesnya meliputi peserta Liga 1, verifikasi seperti badan hukum, perpajakan, kontrak-kontrak pemain, tenaga kerja asing baik itu pemain dan pelatih. Kita cek sesuai peraturan dan perundang-undangan negara Indonesia," kata Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera. 

Kepada operator PT LIB, Richard berpesan agar pengelolaan Liga 1 harus secara profesional. Tak hanya itu, hal yang sama juga diingatkan kepada klub peserta Liga 1. Klub harus profesional. Dia tidak ingin lagi mendengar klub menuggak gaji pemain. Kemudian, para pemain diminta untuk menjunjung tinggi sportivitas. 

"Saya sampaikan pesan bahwa, kepada PT LIB agar pengelolaan Liga 1 nanti harus profesional. Kemarin kita review dan kita apresiasi tak ada korban jiwa dan tahun lalu terpenuhi. Semoga ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Jangan ada lagi kerusuhan. Tahun lalu rusuh setelah kick off, dan ini harus menjadi perhatian penyelenggara Liga 1," jelas Richard. 

Lebih lanjut, dengan bergulirnya Liga 1 2020, Richard juga ingin ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia. Dia bilang, menjadi pesepak bola profesional merupakan pekerjaan yang membanggakan dan menggembirakan. Oleh karenanya, hal tersebut harus menjadi inspirasi.

"Kepada teman-teman klub, klub harus meningkatkan profesional, serta memperhatikan hak dan kewajiban. Tidak ada lagi tunggakan gaji.  Kepada suporter, saya berharap bisa saling menghormati, tolong hilangkan rasa benci. Kedepankan nilai sportivitas. Saya harap suporter menjadi aset bagi Liga Indonesia. Cita-cita kita menjadikan Liga 1 agar jadi yang terbaik di Asia bahkan dunia. Ini menjadi harapan kita bersama, semoga Liga 1 sukses dan menjadi liga yang terbaik," terang Richard.

Sementara itu, Direktur PT LIB, Cucu Somantri mengucapkan terima kasih kepada BOPI yang sudah memberikan rekomendasi untuk Liga 1 2020. Dia juga mempunyai harapan yang sama agar pengelolaan berjalan dengan baik dan profesional.

"Saya memandang sinergitas ini sangat penting. BOPI membantu kita memverifikasi. Diharapkan ini bisa betul-betul kita dapat mengelolanya dengan profesional. Saya harap permasalahan yang lalu tidak terjadi lagi. Kami sangat memperhatikan harapan itu. Kita ingin, sinergitas terus dilakukan, dan kami siap untuk menerima masukan supaya koridor sesuai yang diharapkan. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih," ujar Cucu.

Dilokasi yang sama, perwakilan dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman mengatakan, pihaknya siap untuk memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Dia berharap, Liga 1 2020 nantinya bisa berjalan lancar. 

"Posisi APPI adalah memberikan kontribusi, sinergi, dan memberi informasi kepada PT LIB dan juga BOPI. Kita siap mendukung. Kemudian, kita tentunya gembira bergulirnya Liga 1. Semoga berjalan dengan lancar, dan sesuai jadwal yang ditetapkan. Semoga pesepak bola bisa tampil maksimal di klubnya maupun saat membela Timnas Indonesia," kata Ponaryo. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS