MotoGP Italia Ditunda, Bos MotoGP Pesimis Balapan Musim Ini Bisa Digelar

Rizki Nurmansyah
MotoGP Italia Ditunda, Bos MotoGP Pesimis Balapan Musim Ini Bisa Digelar
(Dari kiri): Danilo Petrucci (Ducati), Andrea Dovizioso (Ducati), Marc Marquez (Repsol Honda), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) saat mengikuti balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2019). [AFP/Filippo Monteforte]

Italia menduduki peringkat ketiga negara dengan jumlah kasus positif virus Corona tertinggi di dunia.

Suara.com - Satu demi satu tuan rumah penyelenggara MotoGP 2020 menunda balapan kuda besi paling masyhur di muka bumi tersebut. Kali ini giliran MotoGP Italia ditunda.

MotoGP Italia sedianya digelar di Sirkuit Mugello pada 31 Mei 2020. Namun wabah virus Corona telah membuat pemerintah Italia menghentikan sejumlah kegiatan olahraga.

Bahkan, Italia menduduki peringkat ketiga negara dengan jumlah kasus positif virus Corona tertinggi di dunia, setelah Amerika Serikat dan Spanyol.

Update kasus virus Corona di dunia, Selasa (7/4/2020).
Update kasus virus Corona di dunia, Selasa (7/4/2020).

Berdasarkan data update virus Corona dari Johns Hopkins University, Selasa (7/4/2020) pukul 19.30 WIB, jumlah kasus positif Corona di Italia mencapai 132.547 orang.

Warga Italia yang meninggal akibat Corona tercatat sebanyak 16.523 jiwa. Sedangkan yang telah sembuh 22.837 orang.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Kota Katalunya, Spanyol, juga telah menunda perhelatan MotoGP Catalunya yang sedianya digelar seminggu setelah MotoGP Italia.

Dengan demikian, kemungkinan balapan MotoGP 2020 baru akan digelar pada 21 Juni mendatang di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Namun, CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, selaku penyelenggara MotoGP 2020, justru pesimis balapan musim ini bisa digelar.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. [AFP/Karim Jaafar]
CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. [AFP/Karim Jaafar]

"Saya tidak terlalu yakin kami dapat menyelenggarakan MotoGP musim 2020. Sekalipun kami sudah bekerja keras," kata Ezpeleta dikutip Suara.com dari Speedweek, Selasa (7/4/2020).

"Kami mempertimbangkan semua solusi. Tapi jujur, saya akan terkejut jika kejuaraan dunia tahun ini digelar."

"Kita sekarang harus menunggu perkembangan selanjutnya (soal wabah virus Corona)," tukas bos MotoGP.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS