Sambut GP Spanyol 2020, Ini Persiapan Teknis Empat Driver Honda F1

RR Ukirsari Manggalani
Sambut GP Spanyol 2020, Ini Persiapan Teknis Empat Driver Honda F1
Tim Scuderia AlphaTauri yang menggunakan power unit Honda F1 tengah melakukan preparasi [Honda F1].

Bertarung di sirkuit dekat pantai, ini persiapan Honda F1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

Suara.com - Honda F1 menjadi penyedia power Unit (PU) dua tim balap Formula One (F1) yang besok (16/8/2020) akan berlaga di F1 GP Spanyol 2020, Circuit de Barcelona - Catalunya. Empat driver akan bertarung membawa bendera Scuderia AlphaTauri dan Aston Martin Red Bull Racing dan tengah melakukan persiapan terbaiknya.

Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1 menyatakan bahwa Sirkuit Catalunya akan menjadi salah satu sirkuit yang menuntut keandalan teknis serta cukup sulit ditaklukkan tahun ini.

Ia menambahkan bahwa besok akan menjadi akhir pekan yang sulit, tetapi Honda F1 akan berusaha keras untuk mendapatkan hasil terbaik bersama keempat pembalap.

Salah satu modalnya adalah pada Februari lalu Honda dan kedua tim telah melakukan persiapan di Barcelona. Lokasi lintasan tidak jauh dari pantai, membuat angin bertiup kencang dan berubah arah secara cepat, sehingga mampu mengganggu kestabilan jet darat kedua tim cenderung memiliki gaya tarikan relatif tinggi untuk memberikan downforce yang cukup di tikungan.

Driver kelahiran Belgia, Max Verstappen memberikan jempol setelah finihs di posisi ketiga dalam F1 GP Spanyol di Circuit de Catalunya, Montmelo, luar kota Barcelona (12/5/2019) [AFP/Pierre-Philippe Marcou].
Driver kelahiran Belgia, Max Verstappen memberikan jempol setelah finihs di posisi ketiga dalam F1 GP Spanyol di Circuit de Catalunya, Montmelo, luar kota Barcelona (12/5/2019) [AFP/Pierre-Philippe Marcou].

Kilas balik ke F1 GP Spanyol 2019, Honda F1 tampil mengesankan, di mana Max Verstappen berhasil meraih podium ketiga.

Sedangkan persiapan untuk balap esok hari, Honda akan mengoptimalkan power unit, menggunakan hasil data dari lima balapan terakhir, serta data dari persiapan Februari lalu.

Sementara kekuatan ban juga sangat dipikirkan tim yang berlaga bersama Honda F1. Sirkuit Catalunya menggelar balap F1 sejak 1991 ini memiliki radius panjang, tikungan kecepatan tinggi, serta beberapa tikungan lambat dan sedang.

Konsekuensinya, para driver harus mampu menjaga agar ban tetap bekerja dengan baik. Seperti telah diterapkan pada balapan sebelumnya, pengendalian ban dapat menjadi strategi kunci untuk memenangkan balapan.

Dan berkaca dari sukses di balapan pekan lalu yang bertajuk F1 GP 70th Anniversary di Sirkuit Silverstone, England, serta beberapa seri sebelumnya, tampak bahwa kerja sama antara driver, jet tunggangan mereka, power unit, sasis, teknisi, dan strategi keren mampu membuahkan hasil mengagumkan.

"Sangat luar biasa meraih kemenangan pertama kami musim ini di Silverstone bersama Max Verstappen dan Aston Martin Red Bull Racing," papar Toyoharu Tanabe dalam pernyataan tertulisnya sebagaimana diterima Suara com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS