alexametrics

Miguel Oliveira Raih Kemenangan Dramatis di MotoGP Styria

Reky Kalumata
Miguel Oliveira Raih Kemenangan Dramatis di MotoGP Styria
Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira merayakan kemenangannya di podium setelah menjuarai MotoGP Styrian di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP

Ini adalah kemenangan perdana Oliveira di balap MotoGP

Suara.com - Rider KTM Tech 3 Miguel Oliveira mengklaim kemenangan pertamanya di MotoGP setelah memenangi pertarungan dramatis menjelang finis MotoGP Styria 2020, Minggu (23/8/2020)

Pada balapan di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pembalap Portugal itu dengan cerdik memanfaatkan kesalahan Jack Miller dan Pol Espargaro yang melebar di tikungan terakhir saat berebut tempat teratas dan menyalip kedua pebalap itu sekaligus untuk menyegel kemenangan bagi KTM ketika melintas garis finis pertama kalinya.

Oliveira sekaligus mencetak sejarah sebagai pebalap Portugal pertama yang menjuarai kelas premier dan merayakan kemenangannya pada Grand Prix ke-900 MotoGP, demikian laman resmi MotoGP.

Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira melewati garis finis guna menjuarai MotoGP Styria di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP
Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira melewati garis finis guna menjuarai MotoGP Styria di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP

Jack Miller tampil impresif kendati menahan rasa sakit cederanya sebagai runner-up sedangkan Pol Espargaro yang mempersembahkan pole position pertama untuk KTM, melengkapi pesta tim pabrikan asal Austria itu dalam peringkat ketiga.

Baca Juga: Raih Pole di MotoGP Styria, Espargaro Siapkan Strategi Atasi Ancaman Ducati

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir sebenarnya berpeluang besar menjuarai balapan seri kelima itu sebelum bendera merah (Red flag) dikibarkan menyusul insiden terjatuhnya Maverick Vinales di lap ke-17.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu harus menjatuhkan diri dari motornya ketika melaju kencang menuju Tikungan 1 yang diduga karena mengalami masalah teknis dengan kopling atau rem.

Bendera merah dikibarkan dan balapan harus dihentikan pada lap ke-17 saat motor Yamaha bernomor 12 itu menabrak pagar udara dan terbakar di pinggir lintasan.

Balapan harus start ulang dengan 12 lap tersisa dengan posisi grid berdasarkan posisi pebalap di lap ke-16.

Mir memimpin di sebagian besar paruh pertama lomba, namun setelah restart, ban depan medium yang ia gunakan tak bisa dipaksa untuk membawa motornya lebih cepat lagi.

Baca Juga: Pol Espargaro Rebut Posisi Start Terdepan di MotoGP Styria 2020

Pebalap asal Spanyol itu harus puas finis P4 di depan Andrea Dovizioso, yang gagal mengulangi kesuksesannya di Austria.

Komentar