alexametrics

Mengenang Latihan Keras Khabib sebelum Pensiun, Pernah Gulat dengan Beruang

Rauhanda Riyantama
Mengenang Latihan Keras Khabib sebelum Pensiun, Pernah Gulat dengan Beruang
Juara dunia kelas ringan UFC Khabib Nurmagomedov (kanan) bersama ayahadanya, Abdulmanap Nurmagomedov. [AFP/Kirill Kudryavtsev]

Terbukti, latihan keras tersebut mengantarkan Khabib jadi salah satu petarung tersukses.

Suara.com - Para pecinta UFC kini dipastikan tak bisa melihat aksi Khabib Nurmagomedov. Pasalnya, petarung asal Russia itu telah memutuskan pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Khabib mengakhiri perlawanan Gaethje pada ronde kedua dengan kemenangan submission, setelah menggunakan triangle choke yang membuat petarung AS itu tidak sadarkan diri. Hasil itu sekaligus memperpanjang catatan impresif Khabib yakni 29 kemenangan tanpa kekalahan.

Sebelum laga tersebut, banyak pihak meragukan apakah Khabib yang kini berusia 32 tahun akan mampu tampil baik saat melawan Gaethje. Mengingat sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov tutup usia akibat komplikasi yang disebabkan COVID-19 pada Juli silam.

Sebagaimana diketahui, Abdulmanap telah melatih Khabib bertarung sejak usia dini. Bahkan sang ayah dikenal keras dalam melatih sang anak sehingga bisa sesukses sekarang.

Baca Juga: Khabib Nurmagomedov Ternyata Patah Kaki Sebelum Pertandingan Terakhirnya

Hal itu terbukti saat video Khabib latihan dengan beruang viral pertengahan 2016 lalu setelah diunggah oleh akun Youtube bernama Sadam Astamirov. Kala itu Khabib kecil yang berusia sembilan tahun terlihat berlatih gulat dengan anak beruang.

Tanpa rasa takut, Khabib gigih menjatuhkan beruang dengan segenap kemampuannya. Alhasil, petarung 32 tahun itu tak pernah takut dengan siapa pun lawannya di atas ring.

Setelah tumbuh dewasa, Khabib justru makin menambah porsi latihannya. Petarung berjuluk The Eagle itu berlatih berenang di sebuh sungai dengan arus deras.

Latihan di sungai dengan arus deras itu pun sempat viral di media sosial pada 2019 silam.

Kini Khabib Nurmagomedov telah memutuskan pensiun di usia 32 tahun. Salah satu penyebabkan karena sang ayah Abdulmanap telah meninggal dunia, dan ia tak bisa bertarung tanpa kehadirannya.

Baca Juga: Profil Khabib Nurmagomedov Terlengkap

"Saya berbicara dengan ibu saya tiga hari yang lalu. Ia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya, namun saya berjanji kepadanya bahwa ini merupakan pertarungan terakhir saya, dan saya menepatinya, saya harus melakukannya," kata Khabib di octagon, seperti dikutip The Sun.

Komentar