alexametrics

Sandiaga Uno hingga Erick Thohir, Siapa yang Pantas Jadi Ketum PB PASI?

Arief Apriadi
Sandiaga Uno hingga Erick Thohir, Siapa yang Pantas Jadi Ketum PB PASI?
Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) cabang olahraga atletik. [Dok. Kemenpora]

Nama-nama tersebut muncul dalam diskusi yang dihadiri oleh pengurus provinsi (pengprov) PASI, pelatih, atlet, mantan atlet, akademisi, komunitas lari, dan media.

Suara.com - Diskusi daring bertema “PASI Mencari Figur Ketua Umum di Era Pandemi 2021” pada Selasa (12/1/2021) menghasilkan enam nama yang dinilai pantas menduduki kursi satu PB PASI.

Enam sosok tersebut adalah Puan Maharani, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Bambang Soesatyo, serta Basuki Hadimulyono.

Nama-nama tersebut muncul dalam diskusi yang dihadiri oleh pengurus provinsi (pengprov) PASI, pelatih, atlet, mantan atlet, akademisi, komunitas lari, dan media.

“Yang saya garis bawahi seorang pemimpin harus punya jaringan luas, mampu mempengaruhi pemimpin daerah seperti gubernur agar bisa memajukan atletik," kata Ketua Pengprov PASI Yogyakarta Teguh Raharjo dalam rilis yang diterima Suara.com, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Sebelum Pelatnas, Lalu Muhammad Zohri Cs Bakal Jalani Tes Psikologi

"Pengurus seperti kami tidak bisa menangani sendirian. Harus ada kerja sama dengan semua pihak. Dulu (alm) Bob Hasan bisa (memajukan atletik) karena dekat dengan penguasa. Ini realistis," tambahnya.

Ketua Umum PB PASI Bob Hasan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Mantan Ketua Umum PB PASI (alm) Bob Hasan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

PB PASI memang tengah menghadapi tantangan besar saat ini. Mereka tengah mencari sosok pemimpin yang tepat untuk menempati Ketua Umum untuk periode 2021-2025 di Musyawarah Nasional (Munas) pada 25 Januari mendatang.

Sebab, PB PASI belum lama ini ditinggal Bob Hasan, ketua umum sebelumnya yang telah mengabdi kurang lebih 40 tahun untuk memajukan prestasi atletik di Tanah Air.

Dari belakang layar, beliau menciptakan nama-nama besar seperti Purnomo Yudhi, Suryo Agung, hingga yang teranyar si 'Bocah Ajaib dari Lombok' Lalu Muhammad Zohri.

“Sejujurnya untuk menemukan sosok seperti Pak Bob Hasan tidak mudah dan mungkin tidak akan pernah bisa," kata Suryo Agung, mantan sprinter yang telah pensiun pada 2013.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Lalu Muhammad Zohri Pindah Try Out ke Australia

"Tapi, warisan pembinaan yang ditinggalkan oleh beliau ini harus diteruskan karena selanjutnya Indonesia harus mencetak atlet untuk menjadi penerus Zohri atau Emilia (Nova),” tambahnya.

Atas dasar tersebut, mantan sprinter yang pernah tampil di lintasan Olimpiade 2008 Beijing ini menilai Puan, Sandiaga, serta Erick Thohir pantas menjadi Ketua PB PASI 2021-2025.

“Ibu Puan sebagai Ketua DPR saat ini juga memiliki pengalaman sebagai Menteri PMK di kabinet sebelumnya, Pak Erick juga terbukti sukses saat menjadi ketua INASGOC, serta Pak Sandiaga juga memiliki concern dengan olahraga,” terang Suryo.

Komentar