alexametrics

Sambut Lebaran, TC Timnas Basket Indonesia Diliburkan

Arief Apriadi
Sambut Lebaran, TC Timnas Basket Indonesia Diliburkan
Timnas Basket Indonesia. [Dok. Istimewa/Perbasi]

Hal itu disampaikan asisten pelatih timnas basket Indonesia Wahyu Widayat Jati.

Suara.com - Pemusatan latihan (TC) Timnas basket Indonesia diliburkan sementara sejak 8 Mei untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan baru akan kembali dilanjutkan pada 17 Mei mendatang.

Hal itu disampaikan asisten pelatih timnas basket Indonesia Wahyu Widayat Jati dalam rilis sebagaimana dilansir dari Antara, Senin (10/5/2021).

Juru taktik yang akrab disapa Cacing itu mengatakan, para pemain diperbolehkan pulang ke keluarganya masing-masing.

Selama libur, para pemain tidak diberikan materi khusus untuk latihan. Mereka hanya dianjurkan menjaga kondisi dan pola makan agar tidak kelebihan berat badan.

Baca Juga: Persiapan Piala Dunia, Timnas Basket Indonesia Kembali Tampil di IBL

“Tapi kami belum merencanakan untuk menggelar tes fisik dan tes berat badan saat kembali latihan. Sejauh ini belum ada request dari Coach Rajko Toroman,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, saat kembali latihan nanti, para pemain akan diwajibkan menjalani tes PCR lagi untuk memastikan seluruh peserta terbebas dari COVID-19.

Timnas Basket Indonesia. [Dok. Istimewa/Perbasi]
Timnas Basket Indonesia. [Dok. Istimewa/Perbasi]

Tes tersebut juga dilakukan untuk menghindari kejadian di klub GMC Basketball Cirebon terulang lagi ketika ada 30 pebasket remaja yang datang dari berbagai daerah justru terjangkit positif COVID-19 sebelum mereka menggelar latihan gabungan.

Protokol kesehatan yang diterapkan PP Perbasi untuk TC timnas menuju FIBA Asia Cup 2021 itu sejauh ini berjalan baik. Pada awal Mei lalu, seluruh pemain dan komponen yang terlibat juga telah melakukan tes PCR dan hasilnya semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

Pemusatan latihan timnas basket Indonesia telah berlangsung sejak 3 Mei di GBK Arena Senayan, Jakarta. Ada lima pemain muda yang dipanggil dalam TC tahap awal, yakni Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane, yang merupakan bagian skuad Indonesia Patriots pada fase pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021.

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Sambut Baik Sistem Gelembung FIBA

Mereka nanti akan bergabung dengan pemain senior yang baru akan dipanggil Juni mendatang setelah kompetisi IBL selesai.

Komentar