alexametrics

Alibaba Sediakan Cloud Pin di Olimpiade Tokyo 2020 untuk Pekerja Media

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Alibaba Sediakan Cloud Pin di Olimpiade Tokyo 2020 untuk Pekerja Media
Alibaba Cloud Pin. (Dok: Alibaba)

Alibaba Cloud Pin memungkinkan para pengguna bertukar informasi di medsos dengan aman.

Suara.com - Alibaba Group, Mitra TOP Komite Olimpiade International (IOC) Global, menyediakan Alibaba Cloud Pin. Ini adalah sebuah digital pin berbasis teknologi awan untuk para pekerja media di Olimpiade Tokyo 2020. Pin dapat digunakan sebagai badge atau dipasangkan ke lanyard. Dirancang untuk para pekerja media yang berada di International Broadcasting Centre (IBC) dan Main Press Centre (MPC), Alibaba Cloud Pin dapat menghubungkan penggunanya untuk berinteraksi dan bertukar informasi akun media sosial mereka secara aman dan interaktif selama acara Olimpiade Tokyo, 23 Juli-8 Agustus 2021, mendatang.

"Kami memanfaatkan teknologi kami untuk menambahkan elemen baru yang menarik ke dalam tradisi pin Olimpiade di IBC dan MPC, di mana para pekerja media dapat terhubung satu sama lain dan memungkinkan mereka berinteraksi sosial dengan jarak yang aman," kata Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung.

Sebagai mitra global Olimpiade, Albibaba bangga bisa mendedikasikan dirinya untuk mentransformasi penyelenggaraan Olimpiade secara digital. Ini membuat kegiatan tersebut menjadi lebih mudah diakses, aspiratif dan inklusif bagi para penyiar, penggemar dan atlet olahraga dari seluruh dunia.

Sementara Director of Digital Engagement dan Marketing Komite Olimpiade Internasional, Christopher Carroll mengatakan, pihaknya akan lebih berupaya lagi dalam melibatkan orang-orang di seluruh dunia melalui ekosistem digital dan menghubungkan mereka dengan Semangat Tokyo 2020.

Baca Juga: Difavoritkan Raih Medali Emas, PV Sindhu Mengaku Ada Tekanan

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Alibaba dalam mendukung perjalanan transformasi digital kami serta membantu kami dalam membangun keterlibatan menjelang Olimpiade," katanya.

Sebagai name tag digital yang multifungsi, pin ini memungkinkan para penggunanya untuk bertemu dan saling sapa, menambahkan mereka ke dalam daftar pertemanan, dan bertukar update harian, seperti jumlah langkah harian, dan jumlah teman baru pada hari itu. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan men-tap pin mereka secara bersamaan dalam jarak bentangan tangan, mengingat perlunya menjaga jarak sosial.

Pin digital juga memiliki desain khusus untuk masing-masing 33 cabang olahraga di Program Tokyo 2020, yang hanya bisa dibuka jika telah melakukan daftar tugas yang tertera, seperti memiliki teman baru. Untuk mengaktifkan pin, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cloud Pin, dan memasangkannya dengan perangkat wearable melalui fungsi bluetooth-nya. Cloud Pin di Olimpiade ini akan diberikan sebagai gimmick kepada para pekerja media yang bekerja di IBC dan MPC selama Olimpiade.

Sebagai mitra layanan komputasi awan resmi dari IOC, Alibaba Cloud menawarkan infrastruktur dan layanan komputasi awan kelas dunia untuk membantu Olimpiade Tokyo mendigitalisasi operasional mereka menjadi lebih efisien, efektif, dan aman serta menarik bagi para penggemar olahraga, penyiar dan atlet di Tokyo 2020 mendatang.

Informasi tambahan untuk Tokyo 2020, Alibaba Cloud dan Olympic Broadcasting Services (OBS) meluncurkan OBS Cloud, sebuah solusi inovatif media penyiaran yang dioperasikan seluruhnya di Cloud, untuk membantu industri media bertransformasi ke era digital.

Baca Juga: Bukan Atlet Biasa! Anggota DPR Mesir Guncang Olimpiade Tokyo 2020

Komentar