alexametrics

Telepon Menpora, Menkominfo Siap Beri Bonus untuk Atlet Peraih Medali di Olimpiade Tokyo

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Telepon Menpora, Menkominfo Siap Beri Bonus untuk Atlet Peraih Medali di Olimpiade Tokyo
Peraih medali perunggu Windy Cantika Aisah dari Indonesia berdiri di podium untuk upacara kemenangan kompetisi angkat besi 49kg putri di Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada 24 Juli 2021. Vincenzo PINTO / AFP

Dana yang diberikan Menkominfo adalah dana pribadi.

Suara.com - Setelah upacara pengalungan medali untuk lifter Indonesia Windy Cantika Aisah yang mempersembahkan medali pertama buat Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate langsung menelpon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk menyampaikan ucapan selamat dan bangga atas prestasi atlet Indonesia tersebut.

“Beliau menyampaikan selamat dan bangga atas perjuangan atlet Indonesia di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” kata Amali di Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Amali mengatakan, Menkominfo dalam kesempatan itu juga menyampaikan akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali emas, perak dan perunggu di ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut. Meski demikian, Amali belum menyebutkan angkanya.

“Nanti pada saatnya akan diumumkan. Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan bahwa itu dari dana pribadi beliau dan akan mengajak teman-temannya juga untuk ikut memberi apresiasi kepada para pahlawan olahraga nasional yang sudah mengibarkan Merah Putih di kancah tertinggi perhelatan olahraga dunia,” ungkapnya.

Baca Juga: Doa dan Air Mata Siti Aisah Mengiringi Prestasi Windy Cantika

Seperti diketahui, Windy meraih medali perunggu yang turun di nomor 49 kilogran putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021).

Windy Cantika berhasil mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kilogram. Ini menjadi medali pertama untuk Windy Cantika pada ajang Olimpiade.

Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kilogram dan menempati posisi keempat.

Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga ia menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu.

Sementara itu medali emas didapat oleh atlet China, Hou Zhihui yang juga membukukan rekor Olimpiade. Adapun perak disabet wakil India, Chanu Mirabai.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat kepada Windy Cantika Peraih Medali Pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Tercatat Hou Zhihui membukukan tiga rekor sekaligus saat meraih medali emas nomor 49 kilogram putri. Angkatannnya merupakan rekor baru di snatch, clean and jerk plus total angkatan.

Komentar