alexametrics

119 Atlet Bekasi Perkuat Jawa Barat di PON Papua

Rully Fauzi
119 Atlet Bekasi Perkuat Jawa Barat di PON Papua
Maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, Kangpho terpasang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Jawa Barat pun diharapkan bisa jadi juara umum di PON Papua.

Suara.com - Sedikitnya 119 atlet Bekasi bakal tampil memperkuat kontingen Provinsi Jawa Barat (Jawa Barat) di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2-15 Oktober 2021.

"Mereka terpilih menjadi bagian dari kontingen Jawa Barat melalui sejumlah seleksi ketat serta prestasi yang telah diraih sebelumnya," kata Ketua KONI Bekasi, Reza Luthfi Hasan di Cikarang, Kamis.

Reza mengatakan, atlet-atlet binaannya itu akan tampil di hampir seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON Papua mendatang, baik kategori beregu maupun perorangan.

Tidak sekedar kuantitas, kata dia, para atlet Bekasi memiliki kualitas untuk bersaing dan bahkan diprediksi mampu menyumbang banyak medali emas untuk kontingen Jawa Barat.

Baca Juga: Borneo FC vs Persebaya: Bajul Ijo Andalkan Pemain Lokal

"Jelas kami optimis atlet Kabupaten Bekasi mampu berbuat banyak untuk Jawa Barat. Hasil analisa kami itu lebih dari 60 emas bisa diraih atlet Kabupaten Bekasi untuk Jawa Barat, baik dari sektor perorangan maupun beregu," tutur Reza.

Berdasarkan hasil pemetaan potensi medali, para atlet Bekasi masih unggul dibandingkan atlet pesaing daerah lain terutama di beberapa cabang olahraga yang diunggulkan.

"Dari cabang atletik, renang, menembak, wushu, karate, dan hampir semua cabor kita diunggulkan, termasuk catur. Beberapa bahkan ada yang persentase menangnya di atas 70 persen. Ini yang harus kita wujudkan di PON Papua 2021 nanti," ucap Reza.

Reza yang juga menjadi bagian dari Tim Pemenangan Kontingen Jawa Barat itu mengaku sejumlah daerah diprediksi menjadi pesaing tangguh dalam perebutan juara umum PON Papua, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, dan tuan rumah Papua.

"Jadi empat daerah ini yang bersaing berebut juara umum, ada Jabar, DKI, Jawa Timur dan Papua. Papua karena faktor tuan rumah, mereka awalnya tidak begitu diperhitungkan tapi tiba-tiba muncul dan tentu harus diwaspadai," tukasnya.

Baca Juga: PON Papua: Tim Sepakbola Aceh Asuhan Fakhri Husaini Jalani TC di Jawa Timur

Selain meloloskan banyak atlet, Kabupaten Bekasi juga dipercaya Provinsi Jawa Barat mengirimkan puluhan pelatih, manajer, serta ofisial yang akan berangkat menuju Papua bersama ratusan atlet dari berbagai daerah di Jawa Barat untuk mengikuti ajang empat tahunan terbesar di Indonesia itu.

[Antara]

Komentar