facebook

Menpora Ingatkan Pemda untuk Siapkan Rencana Pengelolaan Fasilitas Olahraga Pasca PON

Fabiola Febrinastri
Menpora Ingatkan Pemda untuk Siapkan Rencana Pengelolaan Fasilitas Olahraga Pasca PON
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Dukungan dan peran serta pemerintah daerah sangat diperlukan untuk pengelolaan aset.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk menyiapkan rencana pengelolaan arena olahraga dan seluruh fasilitas pasca pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Diketahui, PON XX Papua berlangsung 2-15 Oktober 2021.

Pernyataan ini disampaikan Menpora Amali, saat meninjau Mimika Sport Center yang menjadi arena sejumlah cabang olahraga, seperti atletik dan basket, di Mimika, Senin (4/10/2021).

"Dari awal saya sudah ingatkan, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota supaya menyiapkan rencana untuk pengelolaan venue dan seluruh fasilitas (PON)," kata Menpora.

Menurutnya, seluruh fasilitas olahraga tersebut termasuk penginapan, nantinya bisa diberikan kepada perguruan tinggi, gereja, dan sebagainya untuk dimanfaatkan sebagai asrama.

Baca Juga: Ini Harapan Kemenpora Dalam Pelatihan Peningkatan Karakter Pemuda dalam Era Digital

Menpora Amali menegaskan, pemerintah pusat membantu membangun fasilitas, sementara pemeliharaannya diserahkan kepada pemda sebagaimana prinsip otonomi daerah.

"Apa yang bisa kami lakukan adalah mendorong event-event tingkat nasional, seperti kejurnas cabang olahraga apa, saya minta dilaksanakan di Papua," ujarnya.

Namun Menpora Amali menegaskan bahwa dukungan dan peran serta pemerintah daerah sangat diperlukan untuk pengelolaan aset-aset tersebut.

"Kalau pemda tidak keras, tidak kreatif menyiapkan kegiatan pasca-PON, nasibnya akan sama dengan tempat-tempat lain," tegasnya.

Menpora sangat yakin, semangat pemerintah dan masyarakat Papua untuk menjadikan Bumi Cenderawasih sebagai provinsi olahraga akan menjadi motivasi tersendiri.

Baca Juga: Menko Airlangga Apresiasi Kemenpora Jadikan Pondok Pesantren sebagai Pusat Ekonomi Rakyat

Hadir dalam kesempatan ini, Menpora bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar