facebook

Menpora Dukung Keputusan PBSI Mundur dari BWF World Championship

Rully Fauzi
Menpora Dukung Keputusan PBSI Mundur dari BWF World Championship
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. [ANTARA FOTO/ Reno Esnir]

Timnas Bulutangkis Indonesia mundur dengan alasan keamanan dan keselamatan di tengah merebaknya varian baru virus COVID-19 Omicron.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung keputusan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang memilih mundur dari BWF World Championship alias Kejuaraan Dunia BWF di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember mendatang.

"Saya sudah baca alasannya karena pandemi, sehingga kita sangat mendukung apa keputusan federasi," kata Zainudin Amali seperti dimuat Antara, Kamis (9/12/2021).

Menurut Menpora, bulutangkis merupakan cabang olahraga andalan Indonesia, tidak hanya di ajang Kejuaraan Dunia ataupun Olimpiade, tetapi juga di kejuaraan Paralimpiade.

Seperti diketahui, PBSI mengeluarkan keputusan resmi penarikan Timnas Bulutangkis Indonesia dari keikutsertaan ajang BWF World Championship 2021 yang memasuki edisi penyelenggaraan ke-26.

Baca Juga: Hasil Piala AFF: Lumat Laos, Malaysia Sempurna di Grup B

Menurut keterangan resminya di Jakarta, Rabu pagi, keputusan itu diambil langsung oleh Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna dengan alasan keamanan dan keselamatan timnas di tengah merebaknya varian baru virus COVID-19 Omicron.

Keputusan besar itu diambil setelah melalui pembahasan dan masukan dari pengurus, pelatih dan Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. Mereka menilai penyebaran varian Omicron tidak menentu sehingga menjadi alasan utama di balik penarikan diri tersebut.

"Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," ucap Rionny. 

Komentar