facebook

Alasan Timnas Basket Indonesia Cuma Bawa Satu Pemain Naturalisasi ke SEA Games 2021

Arief Apriadi
Alasan Timnas Basket Indonesia Cuma Bawa Satu Pemain Naturalisasi ke SEA Games 2021
Timnas basket Indonesia. [Perbasi]

Timnas basket Indonesia cuma membawa satu pemain naturalisasi ke SEA Games 2021 yakni Marques Bolden.

Suara.com - SEA Games 2021 membebaskan setiap negara untuk membawa sebanyak-banyaknya pemain naturalisasi untuk cabang olahraga bola basket. Meski demikian, timnas basket Indonesia memilih untuk hanya menyertakan satu nama pemain impor di skuadnya.

Satu-satunya pemain naturalisasi yang dibawa skuad Garuda ke multievent dua tahunan itu adalah Marques Bolden, pebasket NBA G-League yang sempat tampil untuk tim raksasa Cleveland Cavaliers.

Indonesia memang menyertakan satu pemain berdarah Indonesia-Amerika Serikat yakni Brandon Jawato. Namun oleh FIBA, Brandon kini dianggap sebagai pemain lokal karena masih punya darah Indonesia.

Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih pun angkat bicara terkait keputusan hanya menyertakan pemain naturalisasi di SEA Games 2021 yang diprediksi bakal berlangsung ketat karena tak ada aturan pembatasan pemain impor itu.

Baca Juga: Ada Pemain NBA, Timnas Basket Putra Indonesia Optimistis Tembus Final SEA Games Vietnam

Menurut Danny Kosasih, hal itu untuk membiasakan timnas basket Indonesia dengan regulasi FIBA yang hanya memperbolehkan satu negara untuk membawa satu pemain naturalisasi dalam sebuah turnamen yang mereka naungi.

"Kita tidak boleh berpikir SEA Games tidak penting tapi kita harus jelas, fokus kita ke Piala Dunia. Jadi kita harus fokus pada tim yang dipersiapkan untuk kejuaraan dunia," kata Danny Kosasih dalam rilis Perbasi, Jumat (15/4/2022).

Pemain naturalisasi timnas basket Indonesia, Marques Bolden ketika berlatih bersama skuad Garuda di GBK Arena, Senayan, Jakarta. [Perbasi]
Pemain naturalisasi timnas basket Indonesia, Marques Bolden ketika berlatih bersama skuad Garuda di GBK Arena, Senayan, Jakarta. [Perbasi]

"Kalau kita hanya juara (di SEA Games), akhirnya kita terpaksa pakai pemain asing 10 dan mungkin kita bisa bawa medali emas ke Indonesia tapi di FIBA World Cup kita diacak-acak orang. Saya kira itu poinnya."

Selain SEA Games 2021, Indonesia memang sudah ditunggu agenda besar ke depannya yakni FIBA Asia Cup 2022 dan FIBA World Cup 2023. Pada kedua ajang itu, Indonesia adalah tuan rumah.

Indonesia sendiri tercatat memiliki beberapa pebasket naturalisasi selain Marquez Bolden. Dia adalah Lester Prosper dan Jamarr Andre Johnson yang kini dipanggil untuk memperkuat timnas basket 3x3.

Baca Juga: Sutjiati Narendra Ingin Berangkat Sendiri ke SEA Games 2021, tapi Bonus PON Papua Belum Cair

Dari ketiga pemain di atas, manager timnas basket putra Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso menyebut, Bolden dipilih untuk memenuhi kebutuhan tim.

Komentar