facebook

Final SEA Games 2021: Timnas Basket Indonesia Siap Patahkan Dominasi Filipina

Arief Apriadi
Final SEA Games 2021: Timnas Basket Indonesia Siap Patahkan Dominasi Filipina
Pemain timnas basket Indonesia, Derrick Michael Xzavierro di SEA Games 2021. [Perbasi]

Timnas basket Indonesia akan memainkan laga perebutan medali emas kontra Filipina pada Minggu (22/5/2022) sore WIB.

Suara.com - Timnas basket Indonesia akan memainkan laga 'final' SEA Games 2021 kontra Filipina yang selalu keluar sebagai juara dalam 13 edisi terakhir.

Indonesia saat ini telah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat sapu bersih kemenangan di lima pertandingan yang telah dimainkan.

Andakara Prastawa dkk. saat ini menempati posisi kedua dalam klasemen kompetisi yang bergulir dengan format round robin itu.

Mereka tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina, yang berada di puncak, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin.

Baca Juga: Rekor Timnas Indonesia vs Malaysia di SEA Games, Skuad Garuda Kesulitan Menang di Pertemuan Terakhir

Meski begitu, Indonesia masih berpeluang meraih medali emas apabila mampu mengalahkan Filipina dalam pertandingan pemungkas yang akan berlangsung Minggu pukul 15.00 WIB.

“Kami bekerja keras latihan di Jakarta dan kami ditarget tinggi sejak awal untuk meraih medali perak dan perak sekarang sudah ada di tangan,” kata pelatih timnas bola basket putra Indonesia Milos Pejic.

“Kami akan bermain pertandingan terakhir melawan Filipina. Semua orang pasti tahu betapa kuatnya bola basket Filipina, mereka adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Tapi kami akan berusaha untuk bermain kompak secara tim,” tambah dia.

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 dan selalu harus puas dengan perak di bawah Filipina, yang memang punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017, demikian Antara.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia, Perebutan Medali Perunggu SEA Games 2021

Komentar