facebook

Perjalanan Timnas Basket Indonesia hingga Meraih Medali Emas SEA Games 2021

Arief Apriadi
Perjalanan Timnas Basket Indonesia hingga Meraih Medali Emas SEA Games 2021
Timnas basket putra Indonesia di SEA Games 2021. [Perbasi]

Timnas basket putra Indonesia merebut medali emas perdana sepanjang sejarah keikutsertaan SEA Games dengan mengalahkan juara bertahan Filipina.

Suara.com - Timnas basket putra Indonesia mengakhiri perjuangannya di SEA Games 2021 dengan senyuman manis. Untuk kali pertama dalam sejarah, tim Merah Putih akhirnya berhasil membawa pulang medali emas dari multi event olahraga Asia Tenggara itu.

Timnas basket Indonesia keluar sebagai kampiun atau perah medali emas SEA Games 2021 setelah mengalahkan juara bertahan Filipina dengan skor 85-81 di partai 'final'.

Pertandingan berlangsung sangat ketat di mana Indonesia bahkan cuma mampu unggul dua kali dari empat kuarter yang dimainkan.

Pada kuarter pertama, Indonesia mampu unggul 18-14, sebelum Filipina memberi tekanan besar hingga kedua negara harus berbagi 18 poin di kuarter kedua.

Baca Juga: Bulutangkis dan Voli Putra Sumbang Emas Hari Ini, Netizen Sindir PSSI: Gak Kasih Ucapan Selamat?

Sementara di kuarter ketiga, Indonesia justru kalah dalam perolehan poin yakni 27-28 sebelum bangkit dan unggul tipis 22-21 di kuarter terakhir.

Lima pemain Indonesia berhasil mencatatkan dua digit poin dalam laga ini. Mereka adalah Marques Bolden (18), Abraham Damar Grahita (17), Derrick Michael (14), Brandon Jawato (11) dan Agassi Goantara (11).

Dari kubu Filipina, empat pemain mereka juga mampu mencatatkan dua digit poin, tetapi persebaran poin antar pemain mereka tak lebih baik dari Indonesia.

Tercatat, Matthew Wright mencetak 23 poin, June Mar Fajardo 20 poin, Ravena Crisologo Ferdimand (17), dan Troy Rosario Utanes Jeth 12 poin.

Di luar empat pemain di atas, hanya satu pemain Filipina yang mampu melesakan poin ke jala Indonesia. Dia adalah Isaac Ravena Crisologo Kiefer dengan sembilan angka.

Baca Juga: Smash Dony Haryono Akhiri Permainan Vietnam, Tim Bola Voli Putra Indonesia Pertahankan Medali Emas, Publik Bersorak

Kemenangan ini membuat timnas basket Indonesia mencetak sejarah. Untuk kali pertama dalam ajang SEA Games, tim Merah Putih akhirnya sukses merebut medali emas.

Komentar