facebook

6 Fakta Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah di SEA Games 2021, Putus Dominasi Gilas

Agatha Vidya Nariswari
6 Fakta Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah di SEA Games 2021, Putus Dominasi Gilas
Timnas basket putra Indonesia di SEA Games 2021. [Perbasi]

Timnas basket putra Indonesia baru saja mencatatkan sejarah dengan merebut medali emas ajang SEA Games untuk kali pertama.

Suara.com - Timnas basket putra Indonesia baru saja mencatatkan sejarah dengan merebut medali emas ajang SEA Games untuk kali pertama. Tak tanggung-tanggung, mereka mengandaskan raksasa basket Asia Tenggara, Filipina, dengan skor 85-81 dalam final SEA Games 2021 di Vietnam, Minggu (22/5/2022). Berikut ini sejumlah fakta Timnas basket yang mencetak sejarah di SEA Games 2021.

1. Sukses Menghapus 'Kutukan'

Kemenangan atas Filipina membuat Indonesia sukses menghapus kutukan tak pernah juara di SEA Games. Prestasi Timbas Basket Putra Indonesia di ajang SEA Games sebelumnya diketahui menempati tiga kali posisi runner up dan mendapatkan medali perak pada 2007, 2015, dan 2017.

2. Memutus Dominasi FIlipina 

Baca Juga: Sejarah! Timnas Basket Rebut Medali Emas SEA Games 2021

Medali emas sekaligus gelar juara yang diperoleh timnas Basket Indonesia tersebut turut menorehkan luka mendalam bagi tim basket Filipina. Pasalnya, Indonesia menjadi negara yang pada akhirnya bisa memutus dominasi Filipina di SEA Games sejak 1991.

Diketahui selama 30 tahun terakhir ini, The Gilas (julukan bagi tim basket Filipina) selalu menjuarai ajang SEA Games cabang olahraga basket. Tim basket putra Filipina telah meraih medali emas selama 13 edisi SEA Games berturut-turut sejak 1991 sampai 2019.

3. Laga Super Ketat

Tak mudah bagi Indonesia untuk mendapatkan medali emas pertamanya di ajang basket SEA Games. Pertandingan berlangsung sangat ketat. Bahkan, Indonesia hanya mampu unggul pada dua kali dari empat kuarter.

Indonesia mampu unggul 18-14 pada kuarter pertama, sebelum Filipina memberi tekanan besar hingga kedua negara harus berbagi 18 poin di kuarter kedua. Sementara itu, di kuarter ketiga Indonesia justru kalah dalam 27-28 sebelum bangkit dan unggul tipis 22-21 di kuarter terakhir.

Baca Juga: Media Malaysia Sanjung Ernando Ari yang Tepis 2 Penalti Pemain Harimau Muda: The Next Kurnia Meiga

4. Kualitas Pemain Merata

Komentar