facebook

Profil Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Angkat Besi Peraih Emas Back-to-Back di SEA Games

Arief Apriadi
Profil Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Angkat Besi Peraih Emas Back-to-Back di SEA Games
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan "clean and jerk" pada final angkat besi nomor 73 Kg putra SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Sabtu (21/5/2022). Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas dan memecahkan rekor SEA Games 2021 dengan total angkatan sebesar 345 Kg. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.

Lifter Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas SEA Games 2021 di kelas 73kg putra.

Suara.com - Atlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, kembali mengharumkan nama Indonesia saat tampil di ajang SEA Games 2021.

Pasalnya, Rahmat Erwin Abdullah kembali berhasil mengamankan medali emas SEA Games 2021 saat tampil di kelas 73kg putra pada Sabtu (21/5/2022).

Medali emas itu diraih Rahmat Erwin Abdullah setelah mencatatkan total angkatan 345 kilogram, dengan rincian 155kg snatch dan 190kg clean and jerk.

Dengan jumlah itu, Rahmat Erwin Abdullah sukses mengungguli pesaingnya. Medali perak diraih atlet asal Thailand, Anucha Doungchi (321kg), sedangkan perunggu jadi milik atlet Malaysia, Muhammad Erry Hidayat (316kg).

Baca Juga: Profil Milos Pejic, Pelatih yang Torehkan Tinta Emas untuk Timnas Basket Indonesia

Dengan demikian, catatannya itu sukses memecahkan rekor setelah sebelumnya ia sempat menciptakan rekor baru di SEA Games 2019 Filipina dengan angkatan 322kg.

Lifter berusia 22 tahun itu mengakui, motivasi terbesarnya tampil di SEA Games 2021 ini ialah memecahkan rekor dunia, di samping juga meraih medali emas.

“Saya senang bisa mendapat emas. Tapi saya sebelumnya datang ke sini (SEA Games) punya target sendiri untuk memecahkan rekor dunia (clean and jerk),” ujar Rachmat, Sabtu (21/5/2022).

Profil Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah merupakan lifter yang lahir di Makasar pada 13 Oktober 2000 dan dibesarkan di lingkungan keluarga angkat besi Indonesia yang memiliki prestasi mentereng.

Baca Juga: Jadi Penentu Kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia, Marc Klok: Kalau Gagal, Netizen Siap Menghancurkan Saya

Bakatnya di dunia angkat besi memang diturunkan kedua orang tuanya. Ayahnya, Erwin Abdullah, dan ibunya, Ami Asun Budiono, merupakan mantan atlet angkat besi yang berprestasi.

Komentar