"Video Game" Bisa Membantu Anak-anak Belajar Matematika

Doddy Rosadi
"Video Game" Bisa Membantu Anak-anak Belajar Matematika
Video game Super Mario Bros. (supermariobros.9game.com)

Salah satu video game yang bisa membantu anak-anak belajar berhitung adalah Super Mario Bros.

Suara.com - Mustafa Saaed merasa kesulitan untuk bisa memahami hitung-hitungan dalam pelajaran matematika. Dia juga menganggap matematika sebagai pelajaran yang membosankan. Bahkan, Mustafa menganggap belajar matematika lebih buruk dibandingkan harus ke dokter gigi.

“Saya kesulitan saat belajar di sekolah, bukan karena saya tidak suka tetapi karena saya tidak bisa menyatu dengan pelajaran itu,” kata lelaki asal Pakistan itu.

Lalu, orangtua Mustafa menggunakan sejumlah trik agar anaknya itu tahu cara untuk berhitung. Namun, semua upaya itu gagal hingga Mustafa kemudian mulai bermain Super Mario Bros di Nintendo. Dalam permainan itu, dia harus mengumpulkan koin dari 0 hingga 100 dan terus mengulangi hal itu.

Dari situlah, Mustafa belajar berhitung. Bukan itu saja, dia juga mendapat banyak pengetahuan saat bermain game Farmville. Dia juga tahu bahwa padi perlu sejumlah air untuk bisa tumbuh sedangkan game Angry Birds membuat dia belajar tentang cara fisika bekerja.

Kini, Mustafa mencoba menerapkan pengalamannya itu kepada bocah berusia tujuh tahun.

“Mengajar matematikan kepada anak-anak sepertinya pekerjaan yang mudah. Namun, untuk membuat mereka fokus kepada pelajaran perlu upaya lebih. Kita semua sering mengalami perasaan di mana presentasi yang dilakukan guru tidak menarik,” katanya.

Itulah yang membuat Mustafa mendirikan 3Restart, sebuah perusahaan yang fokus menciptakan cara belajar yang efektif melalui permainan. Software dari permainan yang digunakannya bisa mengukur dan menganalisis untuk menentukan pola belajar dan meningkatkan pengalaman belajar.

Mustafa mengatakan, produknya itu bisa memprediksi dengan tepat hal yang paling sering dilupakan anak-anak dalam waktu tertentu. (TechinAsia)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS