alexametrics

Demi Bir Gratis, Lelaki Ini Meretas Aplikasi Android

Dythia Novianty
Demi Bir Gratis, Lelaki Ini Meretas Aplikasi Android
Ilustrasi minum bir, alkohol. (shutterstock)

Seorang lelaki meretas aplikasi Android demi mendapatkan bir gratis.

Suara.com - Seorang lelaki yang diketahui sebagai peneliti keamanan, Kuba Gretzky dari Polandia, bukanlah peretas sebenarnya. Tapi dia dibayar cukup dengan bir untuk proses penelitiannya, yakni meretas aplikasi Android.

Gretzky tidak mengidentifikasi aplikasi yang dilibatkan dalam penelitiannya itu. Dia hanya menyebutnya dengan aplikasi yang bersangkutan sebagai EatApp.

Penelitian tersebut dilakukannya seorang diri, sehingga tidak ada yang tahu langkah apa saja cara dia meretas aplikasi tersebut. Gretzky melihat aplikasi EatApp menawarkan bar dan restoran yang jauh dari kehebohan dan percekcokan.

Dia melihat cara aplikasi pada ponsel tersebut bekerja untuk mendapatkan loyalitas dari para pelanggannya. Kemudian, Gretzky mengulik lebih dalam, seberapa amannya aplikasi mobile tersebut.

Tidak sedikit pelanggan bar atau restiran kini yang menggunakan kartu berlangganan untuk membeli minuman denngan harga diskon atau bahkan promo gratis. Lalu bagaimana jika ternyata ada seseorang yang bisa meretas dan menggunakan kartu Anda tanpa sepengetahuan Anda?

Meskipun hanya berupa kopi atau camilan dengan kartu berlangganan itu, tetap saja bisa dilihat seberapa amannya sebuah aplikasi yang dipegang seseorang. Risiko penipuan sistematis kerap ditemukan dimana peretas mengisi akun mereka sendiri dari kartu yang dipegang orang lain secara tidak izin.

Apa yang dilakukan Gretzky bisa menjadi informasi untuk menghindari terjadinya peretasan pada EatApp. Aplikasi tersbeut sesungguhnya cukup sederhana, setara dengan stampping digital untuk pembelian kopi yang biasa diberikan konsumen kepada barista, pelayan atau koki dengan menggunakan Bluetooth.

Namun, saat proses stampping tersebut, ada kemungkinan peretas memanfaatkan proses Bluetooth untuk memindai data-data personal Anda. Sehingga, tidak hanya kopi gratis saja yang bisa diperoleh peretas tapi berbagai informasi pribadi pun bisa tersiar.

Kemudian dalam penelitian tersebut, Gretzky pun berusaha mencari kelemahan dari EatApp. Sayang, yang dia dapat hanya bir gratis. (Nakedsecurity.sophos)