Patung Budha Tertua di Dunia dari Pakistan Dipamerkan

Liberty Jemadu
Patung Budha Tertua di Dunia dari Pakistan Dipamerkan
Sebuah patung Budha Tidur di Ayutthaya, Thailand. [Shutterstock]

Wilayah penemuan patung itu memang pernah menjadi pusat peradaban Budha.

Suara.com - Pakistan, pada Rabu (15/11/2017), memamerkan sebuah patung Budha yang diperkirakan berusia 1.700 tahun. Patung dari situs purbakala Bhamla itu diharapkan bisa membantu pariwisata dan mendorong hubungan antaraagama yang lebih baik di Pakistan.

Patung setinggi 14 meter yang ditemukan di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa itu diperkenalkan ke publik oleh Imran Khan, politikus kawakan yang juga pemimpin oposisi Pakistan.

"Patung ini dari abad ketiga Masehi dan karenanya merupakan patung Budha tidur tertua di dunia," kata Abdul Samad, direktur depatemen arkeologi dan museum wilayah Bhamla, Pakistan.

"Kami juga menemukan lebih dari objek yang berkaitan dengan Budha," imbuh dia.

Situs purbakala Bhamla sendiri pertama kali ditemukan pada 1929 dan baru 88 tahun kemudian penggalian di situs itu dilanjutkan oleh pemerintah Pakistan. Wilayah penemuan patung itu memang pernah menjadi pusat peradaban Budha, yang berkembang di bawah pengaruh Raja Ashoka dari Dinasti Maurya sekitar 2.300 tahun silam.

Pameran itu sendiri berlangsung bertepatan dengan demonstrasi besar-besaran di Ibu Kota Islamabad yang digalang oleh kelompok garis keras untuk mengecam seorang anggota Partai Liga Muslim Pakistan (PLM-N), partai berkuasa di negeri itu, yang dituding telah menghina Islam.

Khan sendiri, yang sering dipandang sebagai tokoh konservatif, mengatakan bahwa situs purbakala tersebut harus dirawat dan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata religius.

"Ini adalah situs warisan dunia dan karenanya turis-turis bisa datang mengunjungi tempat ini," kata Khan.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Tau gak?
Jaksa KPK menyebut Novanto menerima uang total USD 7,3 juta. Uang itu berasal dari konsprium pemenang proyek e-KTP melalui Johannes Marliem&Anang Sugiana. #didyouknow
.
Coba di rupiahkan wah itu bisa bikin sekolah loh pak😔
.
#didyouknow #suaradotcom #setnov #papahsetnov #faktasetnov #faktaindonesia #infojakarta #indonesiahariini

INFOGRAFIS