Mata Tertua di Dunia Berhasil Ditemukan

Liberty Jemadu
Mata Tertua di Dunia Berhasil Ditemukan
Ilustrasi fosil binatang purba trilobite.[Shutterstock]

Diyakini sebagai nenek moyang kepiting dan laba-laba.

Suara.com - Para ilmuwan mengklaim telah berhasil menemukan apa yang mereka sebut sebagai "mata tertua di dunia." Fosil mata itu diketahui berusia sekitar 530 juta tahun, demikian diwartakan The Independent, Kamis (7/12/2017).

Mata itu diduga milik sebuah binatang laut yang sudah lama punah, trilobite. Fosil mahluk itu ditemukan di Estonia, demikian ulas para ilmuwan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Trilobite, mahluk bercangkang keras yang diyakini sebagai nenek moyang kepiting dan laba-laba, biasanya hidup di perairan pada masa Paleozoik, sekitar 541-251 juta tahun silam.

Adapun yang ditemukan oleh para ilmuwan adalah dari spesies Schmidtiellus reetae. Ia memiliki mata primitif, yang hanya terdiri dari sebuah organ optikal dengan sejumlah sel visual kecil bernama ommatidia - struktur yang mirip dengan mata capung atau lalat.

"Fosil unik ini menunjukkan kepada kita bagaimana binatang-binatang purba melihat dunia di sekitar mereka ratusan juta tahun lalu," kata Euan Clarkson dari University of Edinburgh, salah satu peneliti dalam studi itu.

Dalam analisisnya, Clarkson dkk menyimpulkan bahwa mahluk pemilik mata itu tak mempunyai penglihatan yang lebih bagus dibandingkan dengan binatang saat ini. Meski demikian ia masih bisa mengidentifikasi predator atau binatang lain yang mendekatinya.

Mata purba itu mengandung sekitar 100 ommatidia, yang antara satu dan lainnya terpisah cukup jauh jika dibandingkan dengan pada mata capung atau lalat. Selain itu mata tersebut juga tak memiliki lensa.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat pagi, Selamat beraktivitas💪🏻
.
#quotesoftheday #suaradotcom #infojakarta #quotesindonesia #katakatabijak #newsflash #portaljakarta #selamatpagi

INFOGRAFIS