Google Siapkan Layar Canggih untuk Perangkat VR

Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Google Siapkan Layar Canggih untuk Perangkat VR
Seorang perempuan mengenakan kacamata virtual reality (VR). (Shutterstock)

Memiliki layar beresolusi 18MP.

Suara.com - Google bersiap untuk memperkenalkan teknologi layar dengan resolusi 18MP pada gelaran Display Week 2018. Layar tersebut nantinya akan diperuntukan untuk perangkat-perangkat virtual reality (VR).

Dari informasi yang diperoleh Tech Radar dari brosur pameran, layar yang diciptakan Google akan memiliki field-of-view yang sangat lebar dengan kerapatan piksel 1443ppi dan teknologi layar OLED yang luas.

Informasi itu juga meyebut layar ciptaan Google akan mengusung refresh rate 120Hz. Penggunaan refresh rate 120H di layar tersebut dimaksudkan agar pengalaman menggunakan perangkat VR berjalan lebih mulus.

Dengan layar beresolusi 18 MP dan rasio layar yang tinggi tentunya diperlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, Google sedang mengembangkan teknologi yang dinamakan foveated rendering.

Teknologi tersebut menggunakan perangkat lunak pelacakan mata untuk melacak focal point pengguna. Alhasil, daya komputer bisa dihemat karena tidak perlu lagi melakukan render secara berlebihan.

Tidak diketahui perangkat pertama yang akan menggunakan layar canggih ciptaan Google ini. Sejauh ini, beberapa perusahaan teknologi, sperti HTC dan Facebook memang sedang rajin menggarap perangkat VR.

Sebelumnya, Clay Bavor selaku VP Google AR / VR mengatakan Google telah bermitra dengan salah satu produsen layar OLED terkemuka untuk membuat display OLED berkemampuan VR. Dikabarkan, produsen OLED yang dimaksud adalah LG.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS