Terungkap, Ini Penyebab Kabel Earphone Kusut

Agung Pratnyawan
Terungkap, Ini Penyebab Kabel Earphone Kusut
Kabel earphone [pexels].

Penasaran dengan masalah kabel earphone kusut ini, dua orang ilmuwan melakukan percobaan ilmiah.

Suara.com - Buat penikmat musik di Smartphone pasti pernah mengalami kabel earphone kusut. Mau earphone baru atau lama, mau earphone mahal atau murah pasti pernah mengalami masalah ini. Terutama setelah earphone tersebut dikantongi. Kabel yang rapi bisa berubah jadi kusut.

Penasaran dengan masalah kabel earphone kusut ini, dua orang ilmuwan melakukan percobaan ilmiah. Adalah Douglas Smith dan Dorian Raymer, dua orang ilmuwan mempublikasikan penelitiannya yang berjudul Spontaneous knotting of an agitated string.

Dilansir Hitekno.com, mereka melakukan percobaan hingga 3.415 kali untuk mendemonstrasikan fenomena kabel earphone kusut ini. Hasilnya, fenomena ini terjadi pada kebanyakan earphone yang memiliki panjang di atas 46 cm.

Ukuran yang panjang dan diameter yang tipis ini menyebabkan kabel earphone selalu kusut. Karena bentuknya yang panjang dan tipis ini, membuat kabel jadi mudah untuk bergerak di dalam kantong celana.

Semakin panjang semakin tinggi kemungkinan kusut [sciencealert].
Semakin panjang semakin tinggi kemungkinan kusut [sciencealert].

 

Namun hanya gerakan bebas ini yang menyebabkan kabel menyilang satu sama lain. Ternyata, gulungan kabel earphone ini menimbulkan gaya magnet yang saling tarik-menarik. Gaya tarik-menarik inilah yang membuat kabel saling menyilang dan berujung jadi kusut.

Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab kabel earphone kusut bisa disimak di Hitekno.com.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS