Hore! NASA Temukan Robot Penjelajah Mars yang Hilang dalam Badai

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Hore! NASA Temukan Robot Penjelajah Mars yang Hilang dalam Badai
Logo NASA. [Shutterstock]

Para ilmuwan NASA akhirnya menemukan Opportunity yang sempat hilang dalam badai debu Mars.

Suara.com - Para ilmuwan NASA akhirnya menemukan Opportunity, robot penjelajah Mars bertenaga surya, yang sempat hilang dalam badai debu Mars lebih dari 100 hari yang lalu.

Berkat kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di atas Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), NASA mengatakan, dapat melihat rover Opportunity di Perseverance Valley, tepatnya di tepi kawah Endeavour Mars. Saat badai debu yang pertama kali terdeteksi pada 30 Mei lalu, Opportunity sedang turun ke lembah. Gambar yang dihasilkan diambil dari ketinggian sekitar 267 kilometer di atas permukaan Mars.

"Meskipun belum ada tanda-tanda 'kehidupan' dari rover Opportunity, tapi setidaknya kita bisa melihatnya lagi," kata Jet Propulsion Laboratory NASA, seperti yang dilansir dari Firstpost.

Opportunity dan kembarannya, Spirit adalah sepasang kendaraan robot tanpa awak yang dirancang NASA untuk mengirimkan data tentang kondisi Mars ke Bumi. Opportunity sendiri telah menjelajahi permukaan Mars selama lebih dari 14 tahun, setelah mendarat pertama kali pada Januari 2004 silam.

Anggota tim rover Opportunity masih menunggu tanda-tanda kembali aktifnya robot tersebut dan telah menghabiskan waktu dua minggu dari 45 hari yang ditargetkan. Jika Opportunity tidak merespon setelah 45 hari, anggota tim akan meninjau kembali rencana mereka selanjutnya. Namun, manajer tim mengatakan bahwa mereka akan terus memantau Opportunity secara pasif setidaknya sampai akhir Januari.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS