alexametrics

Gencar Pasarkan Smartphone Murah, Ini Alasan Advan

Ririn Indriani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Gencar Pasarkan Smartphone Murah, Ini Alasan Advan
Peluncuran Advan S50 4G di Jakarta, Jumat (26/10/2018). [Suara.com/Manuel Jeghesta]

Advan mengemukakan alasannya mengapa gencar memasarkan smartphone sejutaan.

Suara.com - Sebagai vendor smartphone lokal, Advan semakin gencar memperbarui lini produk yang dimiliki. Namun demikian, produk yang ditawarkan Advan selalu berada di kelas menengah ke bawah.

Melihat strategi yang dilancarkan, apa sebenarnya yang mendasari Advan kerap bermain di smartphone Rp 1 jutaan. Menanggapi hal tersebut, Marketing Director Advan, Tjandra Lianto mengungkapkan, total penjualan Advan sejauh ini masih ditopang oleh smartphone entry level.

"Pasar smartphone di bawah Rp 1 juta itu masih cukup seksi, apalagi masih banyak yang belum beralih dari feature phone atau 2G/3G ke jaringan 4G. Limapuluh persennya masih disumbang oleh produk-produk di bawah Rp 1 juta seperti S50, S40, S6, dan S5e 4G," ujar Tjandra Lianto, usai acara peluncuran paket bundling Advan S50 4G dan IM3 Ooredoo di Jakarta, baru-baru ini.

Tjandra menambahkan kemampuan Advan hingga bisa bersaing dengan brand smartphone global dan Cina salah satunya juga dipicu oleh penerimaan yang tinggi di kota-kota tier-2 kabupaten, sementara pasar tersebut tidak banyak digarap oleh brand besar.

Baca Juga: Monowi, Kota Berpenghuni 1 Orang yang Jadi Objek Destinasi Wisata

"Karakteristik masyarakat di kota tier-2 memang cocok dengan produk-produk yang dihadirkan Advan. Tidak terlalu brand minded, tapi lebih pada aoa yang bisa dia (konsumen) dapatkan," jelas Tjandra.

Tahun ini Advan menargetkan penjualan mencapai angka 7 juta unit. Target ini sama seperti tahun sebelumnya dan berhasil membuat Advan menduduki posisi tiga untuk urusan penjualan berdasarkan data IDC.

"Hingga saat ini realisasi target tersebut sudah mendekati angka 80 persen," klaim Tjandra.