Sangking Cintanya, Bill Gates Perkenalkan Toilet Masa Depan

Dythia Novianty
Sangking Cintanya, Bill Gates Perkenalkan Toilet Masa Depan
Bill Gates. (Shutterstock)

Miliarder Pendiri Microsoft, Bill Gates, telah meluncurkan toilet futuristik.

Suara.com - Miliarder Pendiri Microsoft, Bill Gates, telah meluncurkan toilet futuristik yang tidak membutuhkan air atau saluran pembuangan. Bahkan, toilet itu menggunakan bahan kimia untuk mengubah kotoran manusia menjadi pupuk.

Pispot ini memiliki 'air poo' yang dapat mengubah limbah menjadi H2O yang bisa diminum. Toilet akan mulai dijual dan merupakan gagasan proyek penelitian yang didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation, organisasi filantropi pribadi terbesar di dunia.

Ketika Gates mengumumkan toilet barunya di Twitter, dia mengakui kesukaannya pada toilet.

Yayasannya mencatatkan bahwa sanitasi yang buruk membunuh setengah juta anak-anak di bawah usia lima tahun. Untuk biaya perawatan kesehatan dan dunia diperlukan lebih dari 200 miliar dolar AS per tahun.

Postingan Bill Gates membangun toilet masa depan. [Twitter]
Postingan Bill Gates membangun toilet masa depan. [Twitter]

Ada beberapa desain toilet baru, tetapi semuanya bekerja dengan memisahkan limbah cair dan padat.

"Toilet saat ini hanya mengirim limbah ke dalam air, sedangkan toilet ini tidak memiliki saluran pembuangan," kata Gates.

“Mereka mengambil cairan dan zat padat dan melakukan pekerjaan kimia di dalamnya, termasuk membakarnya dalam banyak kasus,” tuturnya.

Gates pun membandingkan perubahan dari toilet tradisional ke model tanpa air, sama dengan pengembangan dalam komputasi sekitar waktu ia mendirikan Microsoft pada pertengahan tahun 1970-an. .

"Secara otomatis, kita bisa melakukan pemrosesan kimia ini di tingkat rumah tangga," katanya.

Yayasan Gates telah mengeluarkan sekitar 200 juta dolar AS untuk proyek toilet dan berharap menghabiskan jumlah yang sama lagi sebelum toilet dapat digunakan untuk distribusi skala luas.

"Tahun ini volume toilet benar-benar akan berada di 100-an sementara orang-orang masih menguji mereka," kata Gates.
Dalam sebuah pidato di acara Beijing, Gates mengangkat toples faeces manusia untuk menggambarkan pentingnya meningkatkan sanitasi.

"Ini adalah pengingat yang baik bahwa dalam (tabung) mungkin ada 200 triliun sel rotavirus, 20 miliar bakteri Shigella, dan 100.000 telur cacing parasit," ungkapnya.

Ini adalah pertama kalinya yayasan Gates membahas sebuah peristiwa di Cina, di mana Presiden Xi Jinping mempromosikan 'revolusi toilet' tiga tahun untuk membangun atau meningkatkan 64.000 toilet umum hingga tahun 2020 untuk membantu meningkatkan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi.

Gates mengatakan langkah berikutnya untuk proyek ini adalah dengan memberikan konsep kepada produsen. Dia mengharapkan ada dana untuk toilet menjadi lebih dari 6 miliar dolar AS pada tahun 2030. [Metro]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS