Menanti Geminid, Hujan Meteor Terbaik Setiap Tahun

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Menanti Geminid, Hujan Meteor Terbaik Setiap Tahun
Ilustrasi hujan meteor. (Shutterstock)

Geminid dianggap sebagai salah satu hujan meteor paling spektakuler dan terbaik setiap tahun.

Suara.com - Geminid dianggap sebagai salah satu hujan meteor paling spektakuler dan terbaik setiap tahun. kabarnya, hujan meteor ini akan terjadi pada 14 Desember 2018.

Pengamat kemungkinan dapat melihat sekitar 120 meteor per jam dan pengamatan dapat dimulai pada tengah malam. Tak seperti meteor lainnya yang terkait dengan komet, meteor ini berasal dari debris yang ditinggalkan oleh asteroid 3200 Phaethon, di mana asteroid ini membutuhkan sekitar 1,4 tahun untuk mengorbit Matahari.

Ketika mengitari Matahari, radiasi dari bintang terdekat dari Bumi itu akan mengelupasi permukaan asteroid 3200 Phaethon. Akibatnya, asteroid tersebut akan meninggalkan debris di jalur orbit yang dilewati. Pada setiap tanggal 14 Desember, Bumi akan melintasi jalur bekas orbit asteroid tersebut.

Dilansir dari Time and Date, walaupun lokasi terbaik untuk pengamatan berada di belahan Bumi utara, hujan meteor Geminid masih dapat diamati di belahan Bumi selatan, termasuk Indonesia.

Titik radian meteor ini berasal dari rasi bintang Gemini dengan ketinggian 42 derajat di atas ufuk timur laut pada tengah malam. Hujan meteor Geminid dapat diamati dengan mata telanjang dan dilakukan di lokasi yang minim dengan polusi cahaya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS