16 Desember, Salah Satu Komet Paling Cemerlang Menari di Langit Malam

Liberty Jemadu
16 Desember, Salah Satu Komet Paling Cemerlang Menari di Langit Malam
Ilustrasi komet. [Shutterstock]

Komet Wirtanen akan bisa dilihat menggunakan mata telanjang.

Suara.com - Besok malam, 16 Desember 2018, sebuah komet bernama 46P / Wirtanen akan menari-nari di langit. Ia adalah satu dari 10 komet yang lintasannya paling dekat dengan Bumi dalam 70 tahun terakhir.

Wirtanen akan melintas dengan jarak 11,4 juta kilometer dari Bumi, jarak yang relatif dekat dibandingkan dengan komet lainnya dan saking dekatnya, Wirtanen akan bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang.

"Ini adalah posisi terdekat komet Wirtanen dengan Bumi setelah ratusan tahun," kata Paul Chodas ilmuwan spesialis objek-objek dekat Bumi dari laboratorium Jet Propulsion Laboratory Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) seperti dilansir Phys.org.

"Wirtanen akan menjadi salah satu komet paling cemerlang dalam beberapa tahun mendatang," lanjut dia.

Sementara Avivah Yamani, penggiat astronomi dari komunitas Langit Selatan, menjelaskan bahwa komet Wirtanen pada 16 Desember malam akan tampil dengan kecerlangan maksimum 3,9 magnitudo di rasi Taurus.

"Komet 46P/Wirtanen bisa diamati dengan mata tanpa alat jika langit cerah dan sangat gelap. Pada kondisi polusi cahaya yang cukup parah di kota, komet Wirtanen akan tampak sangat redup," tulis Avivah dalam laman langitselatan.com.

Avivah menjelaskan komet Wirtanen dapat diamati selama bulan Desember sejak Matahari terbenam sampai jelang dini hari. Pada 16 Desember mulai pukul 16.00 WIB hingga 03.52 WIB, dengan puncaknya pada pukul 21.54 WIB.

Komet Wirtanen sendiri ditemukan pertama kali pada 1948 oleh astronom AS, Carl Wirtanen dari sebuah observatorium di Santa Clara, California. Dengan lebar 1,1 kilometer, komet itu mengitari Matahari setiap 5,4 tahun sekali.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS