Redmi Diceraikan Xiaomi, Diutus untuk Rebut Pasar Menengah ke Bawah

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Redmi Diceraikan Xiaomi, Diutus untuk Rebut Pasar Menengah ke Bawah
Xiaomi Redmi 6 diluncurkan di Jakarta, Selasa (4/9). [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Redmi akan fokus ke ponsel-ponsel murah, sementara merek Mi akan kelas atas.

Suara.com - Sebuah keputusan mengejutkan diambil Xiaomi dengan menceraikan Redmi dan menjadikannya sebagai sebuah submerek Xiaomi layaknya Pocophone.

Bila Pocophone didesain untuk kelas premium, Redmi akan berdiri sendiri sebagai submerek yang konsisten bermain di entry-level. Hal ini diketahui berdasarkan keterangan resmi Xiaomi.

"Xiaomi telah mengumumkan menjadikan Redmi sebagai merek yang independen. Merek baru itu sudah dijadwalkan akan meluncurkan sebuah ponsel baru dengan kamera 48 megapiksel pada 10 Januari mendatang," demikian diwartakan Business Insider mengutip Gizmo China pada Kamis (3/1/2018).

Jelang peluncuran itu, sebuah video klip singkat sudah beredar di internet dan menunjukkan spesifikasi dari gawai masa depan Redmi tersebut.

Pada awal Desember 2018 lalu, Presiden Xiaomi Lin Bin sempat mengunggah sebuah foto di media sosial Weibo yang menggambarkan sebuah ponsel baru dengan kamera 48 megapiksel. Diduga gawai itulah yang akan menjadi jagoan pertama Redmi di pasar.

Sementara itu salah satu pendiri Xiaomi, Lei Jun mengatakan bahwa perceraian antara Xiaomi dan Redmi dipicu oleh perbedaan fokus.

"Merek Redmi akan fokus pada smartphone murah, sementara merek Mi akan fokus pada perangkat kelas atas. Selain itu, produk-produk Redmi akan dijual melalui platform online, sementara Mi tidak akan fokus di toko online," jelas Lei Jun.

Setelah Redmi berdiri sendiri, maka peta persaingan ponsel di kelas entry level, termasuk di Indonesia, diproyeksikan akan semakin ketat.

Bukan tidak mungkin, pamor Redmi akan bersaing dengan induknya sendiri, layaknya Honor yang berjalan berdampingan dengan Huawei, atau Oppo yang baru saja melahirkan Realme.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS