Melihat Bulan Bersanding dengan Tiga Planet

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Melihat Bulan Bersanding dengan Tiga Planet
Ilustrasi Bulan. (Shutterstock)

Pada akhir Januari hingga awal Februari 2019, pengamat berkesempatan melihat Bulan dengan tiga planet tata surya.

Suara.com - Pada akhir Januari hingga awal Februari 2019, pengamat berkesempatan melihat Bulan dengan tiga planet tata surya, yaitu Venus, Jupiter, dan Saturnus.

Hal ini akan terjadi mulai pada tanggal 30 Januari sampai 2 Februari 2019. Pada tanggal 30 Januari kemarin, Bulan terbit pertama lalu diikuti dengan Jupiter, Venus, kemudian Saturnus. Ketiganya berada rendah di atas cakrawala timur.

Pada tanggal 31 Januari, Bulan dan Jupiter akan terbit bersamaan, lalu diikuti Venus. Dalam hal ini, Bulan dan Jupiter berada dalam titik konjungsi, di mana pengamat melihat Jupiter berada sejauh sekitar 2 derajat dari Bulan.

Sementara itu, pada tanggal 1 Februari, Venus akan mengalami konjungsi dengan Bulan dan Jupiter akan terbit terlebih dahulu, diikuti Venus, lalu Bulan. Sayangnya, Saturnus belum terlalu menonjol penampakannya, planet bercincin tersebut terletak 7 derajat ke atas.

Dilansir dari When the Curves Lines Up, planet-planet tersebut dan Bulan akan memiliki jarak yang hampir sama, yaitu sekitar 9 derajat.

Kemudian, pada tanggal 2 Februari, Jupiter akan berada di paling atas langit, lalu diikuti dengan Venus, Bulan yang berbentuk sabit sekitar 5 derajat di tenggara, kemudian di bawahnya akan terlihat Saturnus. Untuk dapat mengamati Saturnus, pengamat dianjurkan untuk melakukan pengamatan pukul 04:30 dini hari.

Jika melakukan pandangan dengan mata telanjang, ketiga planet tersebut hanya akan muncul sebagai bintang terang namun tidak berkelap-kelip. Untuk membedakannya, planet Venus akan bersinar paling terang, lebih terang dari Jupiter dan Saturnus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS