NASA akan Kirim Kembali Manusia ke Bulan untuk Menetap?

Silfa Humairah Utami | Lintang Siltya Utami
NASA akan Kirim Kembali Manusia ke Bulan untuk Menetap?
Ilustrasi NASA akan kembali kirimkan manusia menetap ke bulan. [Shutterstock]

Kapan NASA akan kirim kembali manusia ke bulan untuk menetap?

Suara.com - NASA Akan Kirim Kembali Manusia ke Bulan untuk Menetap?

NASA berencana untuk mempercepat misinya dalam hal mengirimkan kembali orang Amerika ke Bulan. Namun kali ini, NASA mengatakan akan menetap di Bulan. NASA berencana akan kembali mendaratkan astronotnya di Bulan paling cepat pada awal tahun 2028.

Jim Bridenstine, seorang administrator NASA, mengatakan bahwa lembaga antariksa yang dikomandoinya akan mengirim astronot ke Bulan melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan antariksa swasta di Amerika Serikat.

"Sangat penting bagi kami untuk kembali ke Bulan secepat mungkin. Pada misi ke Bulan berikutnya, kami akan menetap di sana. Kami tidak akan lagi hanya menancapkan bendera dan meninggalkan jejak kaki di Bulan, kemudian pulang ke Bumi untuk tidak kembali ke Bulan selama 50 tahun lagi," ucap Jim Bridenstine, seperti yang dikutip dari Phys.org.

Melalui pernyataan resminya, NASA mengatakan akan membuat misi ke Bulan menjadi misi yang berkelanjutan sehingga nantinya para astronom dapat dengan mudah bolak-balik secara teratur dari Bumi ke Bulan.

Misi pendaratan manusia di Bulan ini nantinya akan diawali dengan mendaratkan sebuah kendaraan tak berawak di Bulan pada tahun 2024 mendatang. Tak hanya itu, NASA juga berencana untuk membangun sebuah stasiun antariksa kecil yang dijuluki Gateway, yang akan ditempatkan di orbit Bulan pada tahun 2026. Gateway tersebut akan berfungsi sebagai tempat transit sebelum dan sesudah para astronot mendarat di Bulan ataupun kembali ke Bumi.

Seperti halnya ISS (Stasiun Luar Angkasa Internasional), NASA akan mencari partisipasi dari negara lain yang dapat menyediakan beberapa kebutuhan yang diperlukan, seperti modul untuk stasiun Bulan atau kendaraan yang memungkinkan pendaratan di permukaan Bulan. Namun, sebelum program ini, NASA juga akan mengirim instrumen ilmiah dan alat teknologi lainnya ke Bulan sekitar pada tahun 2020.

Seperti yang diketahui sebelumnya, NASA kirim manusia ke bulan adalah Eugene Cernan, astronot Amerika Serikat yang sukses melakukan misinya pada bulan Desember 1972 dalam misi Apollo 17.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS