Menuju Bulan, Robot Israel Kirim Foto Selfie Berlatar Bumi

Liberty Jemadu
Menuju Bulan, Robot Israel Kirim Foto Selfie Berlatar Bumi
Foto selfie jepretan robot Israel, Beresheet, yang sedang dalam perjalanan menuju Bulan. Tampak Bumi di latar belakang foto tersebut. [AFP]

Foto itu dijepret ketika Beresheet, nama robot Israel yang sedang menuju Bulan itu, sudah berjarak sekitar 37,600 kilometer dari Bumi.

Suara.com - Beresheet, robot Israel yang akan mendarat di Bulan, baru-baru ini mengirim sebuah foto selfie yang menunjukkan perjalanannya di luar angkasa dengan latar belakang Bumi, bulat dan berwarna biru.

Foto itu, demikian diwartakan Livescience pada 5 Maret kemarin, dijepret ketika Beresheet berjarak sekitar 37,600 kilometer dari Bumi.

"Foto itu diambil ketika pesawat antariksa sedang berputar pelan, Australia terlihat jelas (dalam foto itu)," kata seorang anggota tim misi pendaratan di Bula Israel.

Dalam foto itu terlihat Beresheet membawa plakat bertuliskan "Am Yisrael Chai" (yang berarti Hidup Rakyat Israel) dan sebuah tulisan dalam bahasa Inggris berbunyi "Small Country, Big Dreams".

Seperti diwartakan sebelumnya, Beresheet adalah sebuah robot pendarat yang dikembangkan oleh organisasi nirlaba SpaceIL dan perusahaan swasta Israel Aerospace Industries.

Robot itu diluncurkan ke luar angkasa pada 21 Februari lalu oleh roket Falcon 9 milik SpaceX dari daratan Amerika Serikat, bersama satelit telekomunikasi Nusatara Satu milik Indonesia.

Rencananya robot Israel itu akan tiba di permukaan bulan pada 11 April mendatang.

Jika sukses, maka Israel akan menjadi negara keempat di dunia yang mendaratkan wahananya di Bulan setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS