Gmail dan Google Drive Mengalami Down Secara Global

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Gmail dan Google Drive Mengalami Down Secara Global
Ilustrasi layanan Gmail. [Shutterstock]

Gmail dan Google Drive dilaporkan telah down secara global.

Suara.com - Buat Anda yang mengalami masalah dalam mengakses beberapa layanan Google. Tenang, Anda tidak sendiri! Pasalnya, Gmail dan Google Drive dilaporkan telah down secara global dan mempengaruhi pengguna di seluruh dunia.

Hal tersebut dikeluhkan oleh para pengguna Gmail, di mana keluhan mereka telah membanjiri media sosial. Beberapa pengguna juga melaporkan masalah dengan Google Drive, termasuk jenis file tertentu yang tidak bisa dibuka. 

Menurut keterangan yang diposting di GSuite Status Dashboard Google, baik Gmail dan Google Drive sedang mengalami sesuatu yang digambarkan sebagai gangguan layanan. Dalam catatan tersebut berbunyi, "Kami sedang menyelidiki laporan masalah dengan Gmail. Kami akan segera memberikan lebih banyak informasi. Pengguna yang terpengaruh masih dapat mengakses Gmail tetapi terjadi kesalahan dalam pesan dan terdeteksi perilaku tak terduga lainnya".

Gangguan yang dialami Gmail dan Google Drive tampaknya terjadi di Amerika Utara dan Selatan, wilayah Eropa, dan Asia. Dilansir dari CNET, Google menyarankan pengguna untuk memeriksa G Suite Status Dashboard untuk pembaruan lebih lanjut. 

Sementara itu dilihat dari pantauan situs Downdetector, masalah yang dilaporkan terkait dengan Gmail selama 24 jam terakhir mencakup 36 persen masalah mengenai Log in, 33 persen terkait penerimaan pesan, dan 30 persen mengenai lampiran file, di mana total keluhan sebanyak 3528. 

Layanan Gmail down. [Downdetector]
Layanan Gmail down. [Downdetector]

Tidak hanya itu, dilansir dari 9to5google, layanan YouTube pun mengalami masalah dan mendapat serangan keluhan dari pengguna di Twitter. Pihak YouTube mengatakan, hingga kini mereka mencari masalah yang dialami pengguna dan sedang mencari hingga ke akarnya.

Pembuat konten YouTube tidak dapat mengunggah video, begitu juga dengan mereka yang ingin menonton konten.

Layanan YouTube down. [Downdetector]
Layanan YouTube down. [Downdetector]

Suara.com pun berusaha menghubungi pihak Google, namun hingga berita diturunkan belum mendapatkan tanggapan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS